Rabu, 01 Maret 2017

Polres Probolinggo Launching Bromo Perkasa Dihari Pertama Ops Simpatik Semeru 2017

PROBOLINGGO - Atas inisiatif Kapolres Probolinggo, AKBP Arman Asmara Syarifuddin dengan didukung STT Nurul Jadid Paiton, Rabu (1/3/2017) pagi tadi, Polres Probolinggo meresmikan peluncuran 3 aplikasi sistem perlindungan Polres Probolinggo yang bernama "Bromo Perkasa".

Launching yang digelar di hari pertama Operasi Simpatik Semeru 2017 ini, mengundang berbagai perwakilan dari seluruh instansi yang di wilayah Kabupaten Probolinggo. Sekitar pukul 09.00 Wib, kegiatan dimulai di Ruang Eksekutif Mapolres Probolinggo.

Ketiga aplikasi Bromo Perkasa ini diantaranya yakni Tikam Bandit atau Teknologi Keamanan Bank Dan Obyek Vital, Polisi Progresif, serta Polisi Probolinggo.

Seperti pada aplikasi Tikam Bandit, dijelaskan bahwa pada tempat-tempat obyek vital seperti perbankan, akan diberikan alat khusus seperti tombol darurat yang apabila ditekan akan membunyikan sirine di kepolisian. Peringatan tersebut nantinya diteruskan kepada aplikasi khusus di handphone milik anggota Polri yakni Polisi Probolinggo. Saat sirine berbunyi di layar handphone akan muncul nama, alamat, jarak menuju lokasi, dan waktu tempuh menuju bank yang membutuhkan bantuan.

Sedangkan untuk aplikasi Polisi Progresif tak jauh berbeda sistemnya dengan aplikasi yang digunakan di obyek vital. Bedanya, aplikasi ini bisa langsung diinstal melalui Playstore di handphone.

Cara registrasinya pun juga tidak sulit. Pengguna yang sudah menginstall harus mengisi nomor handphone yang aktif untuk pengiriman kode aktivasi. Selain itu, fungsi lainnya agar kepolisian bisa menghubungi pelapor yang membutuhkan kehadiran polisi.

Dalam aplikasi Polisi Progresif, tak hanya dilengkapi dengan alamat kantor polisi saja, namun juga tempat-tempat lainnya seperti rumah sakit, hotel, hingga SPBU.

Dalam Aplikasi ini warga juga dengan mudah melaporkan hal lain seperti terjadinya pungli, kemacetan, atau kecelakaan dengan menggunakan menu Laporan/Pengaduan. Ada fasilitas tambahkan foto yang bisa langsung ambil gambar situasi.

Untuk masalah bencana, atau terjadi Kebakaran, Warga tinggal sentuh menu Call Center yang akan menyajikan tombol telepon BPBD dan PEMADAM KEBAKARAN.

Dalam sambutannya, kapolres mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada STT Nurul Jadid Paiton yang sudah membantu mempermudah kinerja kepolisian. Di akhir acara, kapolres juga memberikan reward penghargaan kepada tim, sebagai bentuk terima kasihnya.

"Saya harap dengan adanya teknologi yang semakin canggih ini polisi dapat lebih cepat dalam melayani masyarakat," ungkapnya.

color-badge
(klik gambar diatas untuk mengunduh aplikasi Polisi Progresif)