Rabu, 15 Maret 2017

Rakor Tim Rojianstra SOPS Polri Bersama Kapolres Jajaran Rayon Timur Polda Jatim

PROBOLINGGO - Bertempat di ruangk eksekutif Mapolres Probolinggo, Rabu (15/3/2017) pagi tadi, berlangsung rapat koordinasi yang membahas tentang daerah rawan konlik dan persiapan pelaksanaan Pilkada Gubernur Jatim tahun 2018 di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Tim Rojianstra SOPS dari Mabes Polri yang dipimpin oleh Kombes Pol Drs. Angesta Romano Yoyol beserta rombongan, memimpin jalannya rakor yang dihadiri seluruh Kapolres/Kapolresta jajaran Rayon Timur (tapal kuda) Polda Jatim, yang masing-masing membawa Kabag Ops dan Kasat Intelkam untuk ikut hadir dalam rapat tersebut. Selain itu, perwakilan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh daerah juga turut diundang.

Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan suatu momentum dan langkah tepat ditengah berbagai isu-isu primordial yang saat ini berkembang dikalangan masyarakat, yang tentunya akan membawa pengaruh terhadap munculnya konflik dikalangan masyarakat.

Kabag Ops dari masing-masing jajaran, menjelaskan satu per satu situasi konflik sosial yang terjadi di wilayahnya kepada tim pengkaji.

Kombes Pol Romano mengatakan, bahwa penyelesaian potensi konflik secara dini merupakan salah satu prioritas Polri. Jika tidak disikapi dengan cepat, dikhawatirkan potensi yang ada akan berkembang dan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kunci utama dalam mendeteksi potensi dan penyelesaian masalah adalah pendekatan secara persuasif kepada masyarakat. Harus proaktif untuk mendeteksi potensi konflik sehingga bisa dicegah secara dini," jelasnya.

Sebagai langkah awal, diperlukan pengawasan personel di lapangan, termasuk bhabinkamtibmas untuk mengetahui potensi konflik yang ada. Setelah dilaporkan, kapolsek di daerah itu perlu melakukan kebijakan deteksi dini sambil menganalisa perkembangan yang terjadi. Pola yang sama juga dilakukan jika kapolres merasa tidak mampu agar melaporkan ke kapolda sambil menjelaskan kondisi di lapangan.

Tak hanya membahas tentang konflik sosial, dalam rapat tersebut juga dibahas tentang persiapan pelaksanaan Pilkada Gubernur Jatim Tahun 2018. Agar dalam pelaksanaan pilkada, pihak atau instansi terkait, untuk bersama-sama komitmen mendukung pelaksanaan pesta demokrasi itu sesuai aturan.