Selasa, 07 Maret 2017

Sosialisasikan Etika Berlalu Lintas Di UPM Melalui Program Police Goes To Campus

PROBOLINGGO - Keselamatan dan ketertiban lalu lintas menjadi tanggung jawab bersama. Untuk itu, Satuan Lalu Lintas Polres Probolinggo terus berupaya mendorong semua pihak untuk turut andil dalam menciptakan keselamatan dan ketertiban lalu lintas.

Salah satu upayanya adalah dengan gencar melakukan kampanye tertib berlalu lintas di kalangan mahasiswa. Terkini, jajaran Satlantas Polres Probolinggo melaksanakan kegiatan Police Goes To Campus ke Universitas Panca Marga yang berada di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Selasa (7/3/2017) pagi tadi.

Kanit Dikyasa Ipda Agus Supriyanto yang manjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi etika berlalu lintas itu menjelaskan, pemahaman mengenai etika dan budaya berlalu lintas yang baik dan benar kepada mahasiswa. Menurutnya, berdasarkan angka kualitatif dan kuantitatif, sumber utama kecelakaan lalu lintas (laka lantas) adalah karena pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara sendiri.

"Tak hanya satu atau dua orang yang meninggal setiap harinya akibat kecelakaan. Untuk itu, saya minta kepada para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk mengedepankan masalah keselamatan," ungkapnya.

Selain mensosialisasikan Undang-undang Lalu LIntas tahun 2009, Ipda Agus juga menerangkan antara lain peraturan dan tertib berlalu lintas di jalan raya. Dimulai dengan berkendara yang benar mengenakan helm SNI, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan, pengendara roda dua yang hendak bepergian tidak lupa lagi untuk menyalakan lampu pada siang, tidak menggunakan telepon genggam saat berkendara, dan yang paling penting adalah memiliki SIM.

"Saya juga berharap agar seluruh mahasiswa yang mengikuti penyuluhan ini dapat menjadi pelopor tertib berlalu lintas dalam rangka mensukseskan program menuju Indonesia tertib," harapnya.