Rabu, 12 April 2017

Cegah Kanker Serviks, Polres Probolinggo Adakan Vaksin














Polres Probolinggo - Sebanyak 18 anggota Polisi Wanita (Polwan) Polres Probolinggo diberi vaksin Kanker Serviks, Rabu (12/4). Hal itu dilakukukan dalam rangka pencegahan kanker serviks bagi Polwan yang belum menikah dan program kesehatan tertentu bagi anggota Polri.

Proses vaksinasi dilakukan di Ruang Eksekutif Polres Probolinggo. Kegiatan ini dapat berlangsung karena adanya kerjasama antara Dokkes Polres Probolinggo yang bekerja sama dengan Dokkes Polres Lumajang kegiatan dimulai dengan memberikan wawasan mengenai dampak kanker serviks dan selanjutnya dilakukan pengukuran berat badan serta tekanan darah. Kemudian para Polwan langsung diberikan vaksinasi.

Paur Dokkes Polres Polres Probolinggo Aiptu Hendro mengatakan, pemberian vaksin itu untuk mencegah kanker serviks yang muncul pada leher rahim wanita. Vaksinasi dilakukan 3 kali dalam kurun waktu 6 bulan.

"Vaksin ini untuk mencegah kanker serviks bagi Polwan yang belum menikah dan dilakukan 3 kali selama 6 bulan, dengan jarak waktu 1 bulan untuk vaksin kedua dari suntikan pertama, dan 5 bulan untuk vaksin ketiga dari suntikan pertama" katanya.

Tak hanya itu, bagi anggota Polwan yang sudah menikah juga dapat menggunakan metode Pap Smear (tes papaniculou yang merupakan metode skrining untuk dapat mendeteksi kanker serviks), selain itu kanker serviks juga dapat dihindari dengan cara tidak melakukan seks bebas, tidak mengonsumsi rokok maupun produk kimia berbahaya, menghindari diet tidak seimbang.