Rabu, 05 April 2017

Edarkan Rokok Ilegal, Polisi Sita 368 Bungkus Rokok

PROBOLINGGO - Satuan Reserse Kriminal Polres Probolinggo menyita ratusan bungkus rokok tanpa cukai saat akan diedarkan ke toko-toko di wilayah Probolinggo. Rokok ilegal tersebut diamankan dari seorang pelaku berinisial HM (33), warga Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Dalam pengungkapan yang dilakukan jajaran Sat Reskrim pada Selasa (4/4/17) sejutar pukul 09.00 Wib, selain menyita 368 bungkus rokok berbagai merek, polisi juga menyita 33 lembar bukti transfer, 6 lembar nota, dan 1 buku rekapan penjualan.

"Omsetnya bisa mencapai Rp 10 juta, sedangkan pelaku mendapat keuntungan 20 persen," papar Kasat Reskrim AKP Harianto Rantesalu saat gelar press release Rabu (5/4) pagi tadi.

HM juga mengaku bahwa dirinya sudah melakukan perdagangan ilegal itu lebih dari 2 tahun dan menjualnya sendiri tanpa perantara orang lain. Rokok ilegal itu didapatkan dari sebuah pabrik di Pamekasan, Madura. Sedangkan untuk penjualannya, HM mengaku menjualnya di desa-desa wilayah Kota dan Kabupaten Probolinggo.

"Tersangka kami jerat dengan pasal 54 jo pasal 29 ayat 1 Undang-undang RI Nomor 39 tahun 2007 dengan ancaman 5 tahun penjara," tambah AKP Hariyanto.