Minggu, 09 April 2017

Kunjungi Probolinggo, Menkop & UKM Sosialisasikan Program Pembiayaan Ekspor Murah

Probolinggo - Menteri Koperasi & UKM RI Drs. Anak Agung Gedhe Puspayoga, Sabtu (8/4) kemarin siang mengunjungi Probolinggo. Kapolres Probolinggo bersama Muspida serta kepala desa setempat dan instansi terkait lainnya juga hadir untuk menyambut kunjungan itu di toko mebel CV. Cipta Graha Art milik Iriyanto, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Dalam kunjungannya siang itu, Puspayoga mensosialisasikan program pembiayaan ekspor murah di sentra Furniture dan Handycraft di Kabupaten Probolinggo. Hal tersebut dimaksudkan agar bisa merangkul para pengelola UKM daerah, salah satunya di wilayah Kabupaten Probolinggo.

Puspayoga mengatakan pemerintah tengah mengupayakan bagaimana caranya bisa membantu KUKM berpotensi agar bisa berpartisipasi dalam sejumlah ajang pameran bertaraf internasional.

"Indonesia banyak memiliki KUKM berpotensi, sayang mereka menyisahkan kendala. Salah satunya dana agar mereka bisa ikut dalam berbagai ajang pameran bertaraf internasional," ungkapnya saat memberikan sambutan di acara pelepasan perdana ekspor KUKM produk furniture etnis ke Amerika Serikat, Probolinggo.

Dengan ikut ajang-ajang pameran di luar negeri, KUKM diharapkan bisa memiliki pengetahuan tambahan atau pergaulan baru agar nantinya mereka juga eksis seperti produk-produk Indonesia lain yang sudah lebih dahulu go internasional.

Oleh karena itu, kata Puspayoga, pemerintah saat ini tengah berupaya agar bisa menyatukan dana, antar berbagai kementerian terkait agar nantinya bisa mengirim pelaku KUKM berpotensi untuk mengikuti berbagai ajang pameran bertaraf internasional.

"Sekarang lagi dibahas dan diupayakan, bagaimana menyatukan dana pameran masing-masing kementrian untuk menjadi satu, sehingga akan lebih banyak UKM yang bisa ikut pameran di luar negeri, atau menyewa stand yang lebih besar untuk stand galeri Indonesi," ujarnya.

Dalam kunjungan singkat itu, Menteri Koperasi dan UKM melepas 1 container produk furniture yang akan dieksport ke Amerika. Diharapkan, pemanfaatan lembaga pembiayaan eksport dapat memacu nilai pertumbuhan produk UKM dalam setahun mendatang.