Minggu, 09 April 2017

Polres Probolinggo Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Probolinggo - Polres Probolinggo bekerjasama dengan Cleft Lip Palate (CLP) Center Surabaya dan RSUD Waluyojati Kraksaan, menggelar bhakti sosial operasi bibir sumbing gratis untuk keluarga tidak mampu. Sebanyak 15 penderita bibir sumbing menjalani operasi di rumah sakit, Sabtu (8/4/2017) siang kemarin.

Sebanyak 36 orang penderita bibir sumbing dari keluarga tidak mampu melakukan pendaftaran. Namun setelah dilakukan proses screening, 27 pasien dinyatakan lolos dan 15 pasien langsung menjalani operasi. Sementara 12 pasien lainya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium. Mereka yang dioperasi berusian antara 3 bulan hingga 18 tahun.

Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, kegiatan bhakti sosial ini dilakukan dalam rangka membantu penyandang bibir sumbing di wilayah Kabupaten Probolinggo. “Ini kegiatan yang pertama kali diadakan di sini. Kami mendapati masih banyaknya warga di kabupaten ini yang menderita bibir sumbing. Namun, tidak semuanya mau untuk dioperasi, mungkin karena takut atau terkendala biaya,” ujarnya.

Operasi dilakukan secara menyeluruh dari bibir hingga ke langit-langit mulut dan gusi. Sehingga pasien nanti bisa berkomunikasi dengan normal. Selama masa perawat biaya pasien akan ditanggung oleh pihak penyelenggara. Selain itu, kondisi pasien akan terus dipantau walaupun sudah kembali ke kampung halaman masing-masing.

Kegiatan ini, rencananya akan dilaksanakan kembali oleh Polres Probolinggo. Pasalnya, di Kabupaten Probolinggo sendiri jumlah penderita bibir sumbing ini mencapai ratusan. Namun tidak berani melakukan operasi karena masih ketakutan dan terkendala biaya. “Nanti kita adakan lagi, tentunya dengan pedekatan-pendekatan kemanusian agar mereka mau untuk dioperasi,” tutur mantan Kasubdit III Ditnarkoba Polda Metro Jaya ini.