Minggu, 21 Mei 2017

Pawai Warga Kuripan di Tradisi Megengan

Megengan sebuah istilah adat budaya dan tradisi masyarakat kabupaten Probolinggo, dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1438 hijriyah, kebiasaan tersebut berlangsung, megengan diambil dari bahasa Jawa yang artinya menahan. Ini merupakan suatu peringatan bahwa sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadhan, bulan dimana umat Islam diwajibkan berpuasa, yaitu menahan untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat menggugurkan ibadah puasa tersebut.

 Pada Sabtu, 20 Mei 2017, 15.00 WIB, warga kecamatan Kuripan ada yang beda dalam pelaksanaan tradisi megengan yaitu dengan mengadakan Pawai, yang dimulai dari Madrasah Ibtidaiyah desa Kedawung Kecamatan Kuripan sampai dengan Masjid Jami’ Darul Muqorobbin termasuk Desa Kecawung, Kecapamtan Kuripan.  sehingga secara tidak langsung akan mengingatkan warga pada jalur rute pawai tersebut, kegiatan tersebut mulai awal sampai dengan selesai mendapatkan pengamanan dan pengawalan dari Polsek Kuripan.

“Alhamdulillah selama kegiatan berlangsung situasi berajalan aman lancar dan terkendali.” Ungkap AKP Gunawan Kapolsek Kuripan.