Rabu, 10 Mei 2017

Kapolsek Jajaran Polres Probolinggo Hadiri Sosialisasi Perencanaan Areal Tanam Tembakau 2017

Sosialisasi Perencanaan Areal Tanam Tembakau Musim Tanam 2017

Polres Probolinggo -  Rabu tanggal 10 Mei 2017 mulai jam 13.00 wib sampai dengan 15.00 wib di Gedung Islamic Center Kraksaan, Kabupaten Probolinggo telah dilaksanakan Sosialisasi Perencanaan Areal Tanam Tembakau Musim Tanam 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten, dalam kegiatan tersebut diikuti oleh peserta sebanyak lebih dari 750 orang.

Sosialisasi Perencanaan Area Tanam Tembakau Musim Tanan 2017 dihadiiri Kapolsek Jajaran Polres Probolinggo

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forpimda Probolinggo, Asisten II Pemkab Probolinggo KH. Musayyib Nahrawi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Suhud Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Kyai Haji Munir Cholili Ketua MUI Kabupaten Probolinggo, beserta jajaran pengurus, Kyai Haji Nasrullah Suja dan Ketua PCNU Kraksaan. Susanti dari Balai Penelitian Tanaman dan Serat (BALITAS) dari Karang Ploso Malang, Aminuddin dr Dinas BMKG Malang, Perwakilan dari Petrokimia, Pupuk Kaltim, Forpimka, Kades daerah penghasil tembakau, Kades penghasil tanaman tembakau, Pimpinan Gudang Tembakau di wilayah Kabupaten Probolinggo dan Kelompok Tani di Wilayah Kabupaten Probolinggo.

Ketua Panitia Penyelenggara Ir. H AHMAD ASYARI, MM Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian kabupaten Probolinggo menyampaikan “Bahwa sebenarnya harus dilaksanakan pada bulan april namun karena rangkaian harjakapro 271 sehingga dilaksanakan saat ini, telah dilaksanakan rapat dengan pimpinan gudang tembakau bahwa luas area tanam di Kabupaten Probolinggo seluas 10.774 ha dengan prediksi hasil panen sebanyak 12.929 ton tembakau, Diharapkan areal tanam tidak melebihi dari luas yang disepakati untuk mnjaga kualitas dan harga tembakau serta juga mmberikan bantuan benih berupa benih padi, jagung dan bawang merah untuk mngganti bibit tembakau di daerah2 yang tidak termasuk dalam areal tanam tembakau, Bahwa untuk tahun 2017 Pemerintah Kabuaten Probolinggo atas usaha dan upaya Hj. Tantriana sari, SE dan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si akan mmberikan bantuan kpd seluruh petani di wilayah Kabupaten Probolinggo dalam menunjang kinerja dan hasil pertanian di 7 kecamatan antara lain traktor roda 4,302 unit, hanspreyer, 13 unit penanam padi, 83 unit pompa air, 10 unit traktor, 25 mesin rajang tembakau 14 unit, 100 buat pisau rajang tembakau, 7000 bidik tembakau.”

Bahwa dalam pelaksanaan kegiatan tsb penyerahan bantuan berupa alat pertanian dan benih tanaman secaa simbolis kepada perwakilan kelompok tani oleh Bupati Probolinggo didampingi oleh Suhud Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dilanjutkan dengan sambutan “Pemkab Probolinggo melalui Bupati Probolingho dan Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si akan berusaha semampunya untuk selalu berkoordinasi dengan para pelaku usaha pertanian khususnya tembakau agar bisa menjaga stabilitas harga tembakau di Wilayah Kabupaten Probolinggo. Bahwa dengan ketersediaan barang yg berlebih dapat menurunkan harga tembakau sehingga perlunya dinas ketahanan pangan dan pertanian membatasi areal tanam tembakau yaitu seluas 10.774 hektar. Bahwa tanaman tembakau bukan satu satunya komoditas yang memiliki prospek yang baik mamun juga banyak tanaman lain yang juga memiliki prospek yang baik juga seperti padi, jagung dan bawang merah. Mengharapkan agar petani menjaga kualitas tanaman tembakau untuk menjaga stabilnya harga tembakau sehingga antara petani, blandang dan gudang merasa puas. Bahwa gudang tembakau harus selalu mendukung peningkatan perekonomian petani tembakau dengan hanya membeli tanaman tembakau dari Petani Probolinggo. Manusia hanya bisa berusaha dan ikhtiar namun hasil selama musim tanam hanya ditentukan oleh Allah SWT.”