Selasa, 25 Juli 2017

Tekan angka kecelakaan di jalur Pantura, Satlantas razia gabungan Dishub Provinsi Jatim





Polres Probolinggo - Dalam rangka meningkatkan Kepatuhan dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berlalulintas serta menekan angka kejadian kecelakaan lalulintas, jajran Satlantas Polres Probolinggo melaksanakan razia gabungan bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur,  UPT DLLAJ Kabupaten Probolinggo senin siang (24/7/2017) bertempat di jalan raya Probolinggo – Situbondo KM 105 depan wisata Pantai Bentar Gending Probolinggo.

Kegiatan diawali dengan Apel yang dipimpin oleh Ipda I Nyoman Harayasa KBO Sat Lantas Polres Probolinggo,  selanjutnya personil gabungan tersebut langsung menertibkan para pengendara kendaraan bermotor khususnya bus dan truck bermuatan.

Salah seorang pengendara truk sempat dilakukan pemeriksaan karena SIM yang dimilikinya diperkirakan tidak untuk peruntukkannya. Saat ditanya petugas untuk menunjukkan surat-surat kelengkapan berkendara, ia mengeluarkan SIM yang bagian ujung atas kanannya sudah patah. Meskipun mengaku bahwa SIM tersebut adalah SIM B1, namun petugas tetap melakukan penilangan karena tidak memiliki SIM yang sah, sesuai pasal 288 ayat 2 Undang-Undang Lalu Lintas.

Di lain sisi, petugas Dishub Kabupaten Probolinggo juga turut serta memeriksa KIR bagi kendaraan angkutan orang maupun barang. Kendaraan tersebut wajib memiliki izin KIR karena menyangkut keselamatan di jalan raya serta kelayakan kendaraan. Mengingat banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi, akibat adanya kendaraan umum yang dioperasikan sudah tidak layak pakai atau izin KIR yang sudah mati. Dalam razia itu didapati 9 pelanggaran KIR. Untuk Dishub Provinsi tingkat 1 terdapat 5 pelanggar, dan Dishub Kabupaten terdapat 4 pelanggar.