Kamis, 17 Agustus 2017

Renungan suci di TMP, Kapolres Probolinggo hormati jasa para Pahlawan




Polres Probolinggo - Sudah menjadi agenda rutin setiap tengah malam menjelang peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan apel kehormatan dan renungan suci sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan khususnya pejuang kemerdekaan.

Pada peringatan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2017, apel kehormatan dan renungan suci tersebut kembali digelar, Kamis (17/8) dini hari tepat pukul 00.00 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Probolinggo yang berlokasi di Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan.

Dalam apel kehormatan dan renungan suci ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 0820 Probolinggo Letkol Kav. Depri Rio Saransi,  Satu pleton anggota TNI dari Kodim 0820 Probolinggo dan satu pleton anggota Polres Probolinggo, Korpri dari beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Kraksaan dan sekitarnya ditambah satu pleton anggota Pramuka, ikut ambil bagian dalam acara yang khidmat tersebut.

Apel kehormatan dan renungan suci kali ini dihadiri oleh Kapolres Probolinggo AKBP. Arman Asmara Syarifuddin, SH, SIK, MH, Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Ketua DPRD Ahmad Badawi, Selain itu, hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), serta Kspolsek jajaran Polres Probolinggo.

Apel kehormatan dan renungan suci sudah menjadi agenda tahunan dan menjadi bagian dari peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. “Renungan suci ini merupakan bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Sebagai generasi penerus kita wajib menghormati pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan bagi bangsa Indonesia,” ungkap kapolres.

Apel kehormatan ditujukan kepada arwah para pahlawan khususnya 42 anggota TNI dan satu anggota Polri yang dimakamkan di TMP tersebut. Usai mengheningkan cipta, dilakukan penyalaan obor oleh petugas yang membuat suasana di sekitar TMP cukup temaram. Apel kehormatan dan renungan suci ditutup dengan salam penghormatan perpisahan.