Jumat, 08 September 2017

Kapolres Probolinggo Terjun Langsung Padamkan Kebakaran Hutan


PROBOLINGGO - Polres Probolinggo menggelar simulasi terpadu dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan hutan jati peyak IX Desa Kaliacar Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo Kamis siang (7/9/2017). Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Probolinggo AKBP Arman Asmara Syarifuddin, SH, SIK, melibatkan ratusan personel Polri, Perhutani, Polhut, Administratur Perhutani, Dinas Kesehatan dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan.

Dalam simulasi digambarkan adanya hutan yang terbakar. Sejumlah masyarakat langsung melaporkan kepada Pos Perhutani yang selanjutnya laporan tersebut dilaporkan kepada Polri dan instansi terkait, yang kemudian melakukan upaya pemadaman dengan dipimpin langsung oleh Kapolres, Selain menggunakan tongkat kayu secara konvensional, Polres Probolinggo juga langsung meluncurkan kendaraan taktis AWC (Armor Water Canon) ke lokasi kejadian untuk memadamkan kebakaran  dan api dengan cepat bisa dipadamkan.
Kapolres Probolinggo mengatakan, simulasi ini dilakukan agar semua pihak memiliki dasar kemampuan menanggulangi api saat Karhutla terjadi. Apalagi, Probolinggo memiliki hutan yang cukup luas dan merupakan wilayah Perhutani serta BKSDA.

Tak hanya itu, di Kabupaten Probolinggo sendiri masih terdapat beberapa titik hutan yang rentan terjadi kebakaran. Karena itu AKBP Arman Asmara berharap, simulasi itu menambah tingkat kewaspadaan semua elemen masyarakat. "Semua pihak harus bisa berupaya untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran," tegas jelas Kapolres yang berhasil mengungkap kasus pembunuhan di padepokan dimas kaneng taat pribadi itu.