Minggu, 29 Oktober 2017

Awas Tertembak Speedgun Satlantas Polres Probolinggo

Anggota Satlantas membidik salah satu kendaraan dengan menggunakan speedgun

Probolinggo - Salah satu anggota Satlantas Polres Probolinggo memperlihatkan dan memperagakan penggunaan Speedgun kepada anggota satlantas lainnya di Obyek Wisata Rest Area Pantai Bentar (Sabtu, 28/10/2017).

Speedgun merupakan seperangkat alat untuk mengukur kecepatan kendaraan dengan cara membidikkan ke arah bemper atau Plat nomor kendaraan yang akan kita ukur kecepatannya dengan sudut kemiringan kurang lebih 15 derajat. Kalau sasaran sudah tertangkap kamera maka Pada layar kamera akan kelihatan berapa kecepatan kendaraan tersebut, kalau kendaraan yang kita bidik mendekat kearah kita akan muncul tanda plus (+) didepan angka kecepatannya sedangkan kalau muncul tanda (-) berarti kendaraan tersebut menjauh dari kita. Pengoprasian alat Speedgun ini dijelaskan oleh KBO Lantas Polres Probolinggo Ipda Nyoman Harayasa, S.H.

"Selama ini salah satu penyebab utama kecelakaan di Probolinggo adalah pelanggaran batas kecepatan. Nantinya diharapkan dengan adanya speedgun ini kami dapat meminimalisir kecelakaan di wilayah Kabupaten Probolinggo ini." lanjut Ipda Nyoman. (NS)