Selasa, 31 Oktober 2017

CEGAH PENYELEWENGAN DANA DESA KAPOLSEK KOTAANYAR DAMPINGI TIM SATGAS DANA DESA

Kapolsek Kotaanyar AKP Ohim dampingi Tim Satgas Dana Desa
Probolinggo, Kapolsek Kotaanyar AKP Ohim bersama Camat kotaanyar Bapak Ponirin, SH, MH melaksanakan DDS bersama Ketua Satgas DD Kemendes Bpk Irjen Pol (Purn)  Auloisius Mujiono di kantor desa Sukorejo Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo diterima oleh Sekretaris Desa dan Kaur pemerintah. Maksud dari kegiatan tersebut adalah untuk memantau situasi kamtibmas serta untuk berkoordinasi guna mengetahui atau memantau penggunaan dana anggaran pembangunan desa yang berasal dari pemerintah pusat supaya penggunaannya tepat sasaran serta tidak terjadi penyelewengan yang bisa mengakibatkan situasi kamtibmas terganggu, pada hari selasa (31/10/2017) pukul 10.00 wib.

Kegiatan kapolsek tersebut juga merupakan salah satu upaya Polsek Kotaanyar melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan anggaran pembangunan desa yang bisa saja dilakukan oleh aparat desa diwilayah hukum Polsek Kotaanyar. pada kesempatan tersebut,kapolsek kotaanyar memberikan penjelasan tentang “kewenangan Polri didalam melakukan pengawasan,pendampingan,dan pengawalan anggaran desa serta pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah desa, sebagaimana tertuang dalam ruang lingkup Mou Kapolri bersama Mendagri dan Mendes PDTT”.

Kapolsek Kotaanyar menyampaikan bahwa arahan yang disampaikan Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad S.H., S.I.k., M.H., M.Si., diantaranya dilaksanakan pendampingan rencana implementasi Dana Desa. Mengecek ke lapangan,dan turun ke bawah untuk pengawasan Dana Desa. Kemudian melaksanakan pendampingan membuat laporan pertanggung jawaban dana desa, yang kemudian akan dilaksanakan Evaluasi kinerja dari satuan atas.
“Khusus untuk wilayah hukum Polsek Kotaanyar terdapat 13 desa. Kami akan melaksanakan arahan dari Kapolri dan Kapolres Probolinggo untuk melakukan pengawasan penggunaan Dana Desa diwilayah kami. Tentu saja untuk menjalankan tugas ini kami harus bersinergi dengan institusi lainnya”,tutur Kapolsek. (candra)