Kamis, 05 Oktober 2017

Kemarau panjang berdampak kekeringan, Mobil Water Canon Salurkan Air Bersih kepada masyarakat




Polres Probolinggo -  Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama atas krisis air bersih akibat kemarau panjang yang menimpa warga masyarakat di sebagian wilayah Kabupaten Probolinggo, mengingat kondisi geografi tidak memungkinkan (pegunungan tandus) dan memang sulit untuk mendapatkan air bersih seperti di Desa Gunung Tugel kecamatan Bantaran kabupaten Probolinggo.

Bertempat di halaman Kantor Desa Gunung Tugel Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo, rabu (4/10/2017) Kapolres Probolinggo AKBP Fadli Samad, SH, S.I.K, M.H tiba di kantor desa dengan didampingi para kasat dan Kapolsek Bantaran menggunakan armada Mobil Armor Water Canon (AWC) yang biasa digunakan untuk mengurai aksi massa, akan tetapi mobil water canon tersebut di isi air bersih untuk disalurkan kepada warga masyarakat yang membutuhkan.
Mobil Water Canon Sat Sabhara Polres Probolinggo tersebut mampu menampung 6000 - 7000 liter air bersih untuk disalurkan kepada masyarakat, yang mana kedatangan Kapolres Probolinggo ke Desa Gunung Tugel disambut penuh antusias oleh warga sekitar yang sudah sejak pagi mengantri di balai desa menggunakan jurigen, kemudian semuanya riuh berebut bersalaman dengan orang nomor satu di Polres Probolinggo itu.

"Kami salurkan bantuan berupa air bersih kepada warga yang sedang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih. Dengan harapan, bantuan tersebut bisa membantu warga untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga untuk keperluan sehari-hari, meskipun tidak bisa memenuhi kebutuhan seluruhnya, kedepan akan kami kordinasikan dengan pemerintah daerah untuk mencari solusi mengatasi krisis air bersih tersebut" ungkap AKBP Fadli Samad.

Membantu warga yang sedang kesulitan air bersih di musim kemarau ini juga termasuk bukti kepedulian Polisi terhadap masyarakat. "Kegiatan pendistribusian air bersih juga merupakan Program "Polisi Peduli" mengingat Polisi senantiasa berada di tengah-tengah masyarakat, maka harus siap membantu setiap kesulitan yang dialami masyarakat.

"Yang sangat membahagiakan kami, saat bantuan air datang, warga desa yang sedang mengalami kekurangan air bersih itu, berlarian menuju tangki air bersih yang berasal dari Mobil Water Canon Polres Probolinggo, Wajah mereka, nampak ada secercah kebahagian saat bantuan air bersih itu datang. Mereka juga rela mengantri untuk memperoleh giliran pengisian air bersih dari wadah jerigen yang mereka bawa," ujar Kapolres.