Selasa, 31 Oktober 2017

POLISI DESA MOTIVASI WARGA BANGUNKAN LAHAN TIDUR GUNA MENJAGA KELESTARIAN SUMBER MATA AIR.


Polres Probolinggo - Sebagai seorang Polisi khususnya yang berdinas di tingkat Polsek sudah menjadi sebuah kewajiban untuk lebih dekat dan mengenal serta dikenal oleh masyarakat di wilayahnya tersebut. Seperti yang dilakukan oleh Kanit Intelkam Polsek Kuripan AIPDA Mayar Budiono dengan melakukan sambang desa di Desa Resongo yang merupakan desa binaannya, sebagai wujud kehadiran Anggota Polisi di tengah - tengah masyarakat.

“Banyak sekali manfaat dari sambang desa ini, selain kita bisa bertatap muka dengan masyarakat guna menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, kita juga bisa menyerap segala macam informasi serta masukan maupun keluhan dari masyarakat secara langsung, baik kaitannya dengan masalah Kamtibmas atau masalah apapun yang terjadi di desa tersebut ,” ungkap AIPDA Mayar Budiono

Seperti pada saat "Pak Mayar" begitu warga Kuripan biasa memanggilnya, melakukan sambang desa di Dsn. Gunungsari Desa Resongo, Selasa (31/10/2017). Dirinya mendapat keluhan dari masyarakat perihal kritisnya sumber mata air klompek (sebutan dari warga setempat) terutama pada musim kemarau panjang seperti sekarang ini, yang mana sumber mata air klompek tersebut dulunya merupakan sumber mata air bersih yang bisa menunjang kebutuhan air bersih di tiga desa yaitu Desa Resongo, Desa Wringinanom, dan Desa Menyono. Namun sekarang kondisi sumber mata air klompek tersebut sangat kritis.

Mendengar keluhan tersebut, Pak Mayar kemudian bersama dengan warga mengecek langsung ke sumber mata air klompek,setelah melihat langsung kondisi di sumber mata air tersebut, dirinya lalu memberikan masukan serta motivasi kepada warga untuk memanfaatkan lahan tidur atau lahan yang tidak terpakai di sekitar sumber mata air tersebut dengan mengolah dan menanaminya dengan tanaman pohon, dimana tanaman pohon tersebut selain berguna sebagai pencegah longsor dan banjir, dapat juga untuk menjaga kelestarian sumber mata air.

"Di sekitar sumber mata air ini masih banyak lahan tidur yang belum dimanfaatkan dan diolah oleh warga, oleh sebab itu saya memberikan masukan serta motivasi kepada warga untuk mengolah lahan tidur tersebut dan menanami dengan tanaman pohon, dimana selain bermanfaat untuk mencegah bencana banjir dan longsor, tanaman pohon tersebut bisa menjaga kelestaraian sumber mata air disini," pungkasnya.

Warga Dsn. Gunungsari Desa Resongo menyambut baik saran dan masukan dari Pak Mayar tersebut, dan diharapkan dengan partisipasi masyarakat dengan didukung oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, serta semua elemen kemasyarakatan yg ada di desa, ke depannya hal tersebut dapat terwujud dan terlaksana.
(K-24)