Jumat, 13 Oktober 2017

Polres Probolinggo Serentak Gelar Operasi Bina Kusuma II Tahun 2017

Kanit Binmas Polsek Besuk Memberikan Penyuluhan dalam Operasi Bina Kusuma 
Polres Probolinggo – Satuan Binmas Polres Probolinggo beserta jajarannya terhitung mulai tanggal 10 Oktober 2017 - 30 Oktober 2017 secara setentak menggelar pelaksanaan Operasi Bina Kusuma II tahun 2017, tujuan dilaksanakan Ops Bina Kusuma tersebut untuk pembersihan preman (premanisme), Narkoba, kenakalan remaja dan penyakit masyarakat lainnya, seperti kejahatan jalanan.

Dalam pelaksanaan Operasi Bina Kusuma tersebut Bripka Yusuf Kanit Binmas Polsek Besuk memberikan penyuluhan kepada para pemuda di Desa Besuk Agung Kecamatan Besuk Kabupaten Probolinggo dengan mengedepankan tindakan Preemtif serta pendekatan persuasif untuk menjaga kondusifitas desa binaan para Bhabinkamtibmas.

“Giat Operasi Bina Kusuma II tahun 2017 ini dilaksanakan dengan sasaran terkait Premanisme (kejahatan jalanan) serta menekan adanya tindakan kriminalisme melalui upaya pencegahan tindak pidana (preemtif),” ujar Kasat Binmas AKP Suhardi.

Sasaran Operasi Bina Kusuma kali ini adalah Pelajar, gelandangan dan pengamen (Gepeng) anak-anak jalanan / Punk, tukang Parkir dan Ojek di sekitar wilayah Kabupaten Probolinggo, Selain itu demi mencegah terjadinya tindak kriminal dan kenakalan remaja yang melibatkan pelajar yang belakangan ini marak terjadi.

"Kedepannya rencananya kami akan melaksanakan razia dikalangan pelajar bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo sembari melaksanakan pembinaan penyuluhan (Binluh) kepada pelajar tingkat SMP serta SMA,” pungkas Kasat Binmas.

Dalam kesempatan berbeda Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad, SH, SIK, MH menyampaikan "Dengan digelarnya Operasi Bina Kusuma tersebut diharapkan  dapat menekan kejahatan jalanan yang mayoritas dilakukan remaja/pemuda. Kepada masyarakat diharapkan bisa ikut berpartisipasi menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kabupaten Probolinggo.