Jumat, 10 November 2017

"60 Detik" Dari Lapangan Kuripan Untuk Arwah Para Pahlawan

Polres Probolinggo - Sebagai generasi penerus bangsa, sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk selalu mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang segenap jiwa raga untuk kemerdekaan bangsa ini. Selain dengan mengisi kemerdekaan yang bisa kita nikmati bersama saat ini dengan hal-hal yang positif, salah satu bentuk penghargaan kita terhadap para pahlawan yaitu dengan ikut memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya. 

Guna turut memperingati Hari Pahlawan, pagi itu Jum'at (10/11/2017) sekira jam 07.00 wib di lapangan Diknas (Pendidikan Nasional) Kecamatan Kuripan dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2017. Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Sekcam (Sekertaris Kecamatan) Kuripan Bapak WICAKSONO, S.E., M.M. Dan upacara tersebut diikuti oleh kurang lebih 500 (Lima Ratus) peserta upacara yang terdiri dari jajaran Muspika, Kepala Desa, Perangkat Desa, PNS, PGRI, Instansi, serta pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA Se-Kecamatan Kuripan.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Sosial R.I Dra. KHOFIFAH INDAR PARAWANSA antara lain bahwa setiap tanggal 10 November, kita seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan. Hari Pahlawan yang kita peringati didasarkan pada peristiwa terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai macam Suku, Ras, Agama, Budaya dan barbagai bentuk partikularisme golongan, bersama sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak, dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan Indonesia.
Mengakhiri amanatnya, Inspektur Upacara mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini. 

Saat mengheningkan cipta untuk arwah para pahlawan, petugas dari Polsek Kuripan yang melaksanakan pengamanan di jalan raya menghentikan total arus lalu lintas yang berada di depan lapangan Diknas selama 60 (Enam Puluh) detik untuk mengenang dengan khidmat jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Bangsa Indonesia. Dan sampai berakhirnya upacara tersebut, kegiatan berjalan aman, lancar, dan kondusif.
(boydonk).