Rabu, 08 November 2017

Aiptu Supriyanto Punya Jurus Amankan Desa Zaman Now


Polres Probolinggo - Bhabinkamtibmas Polsek Sukapura Aiptu Supriyanto ini patut diacungi jempol, di usianya yang sudah tidak tergolong muda ini tidak mengurangi rasa semangat dan dedikasinya untuk menjalankan tugas-tugas kepolisian. Ia mempunyai jurus untuk mengamankan desa binaannya dari gangguan kamtibmas.

"Ada beberapa tips agar dapat membangkitkan semangat dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kamtibmas di desa. Salah satunya adalah niat," kata Aiptu Suptiyanto saat melaksanakan giat patroli dialogisnya di desa binaannya, Desa Pakel, Selasa (7/11/2017) malam.

Niat yang dimaksud Aiptu Supriyanto, yakni dengan kesadaran dan keikhlasan bersama melaksanakan siskamling secara terpadu, sebagaimana keamanan desa adalah pondasi dan indikator keberhasilan dari pembangunan desa.

"Di desa Pakel ini ada karang werda dan karang taruna, saya mengajak mereka untuk setiap hari melakukan siskamling terpadu dengan metode 1+5 (One plus Five)", tegas pria yang akrab disapa Pak Pri ini.



One plus Five yang dimaksud Aiptu Supriyanto, yakni satu dusun dijaga oleh lima petugas siskamling dimana lima petugas siskamling ini terdiri dari dua orang dari karang werda dan dua orang dari karang taruna serta satu orang dari Kepala Dusunnya.

"Metode siskamling One plus Five ini, selain memiliki misi utama yaitu keamanan desa, juga menciptakan situasi yang harmonis dimana karang taruna yang beranggotakan kalangan muda bisa menghormati karang werda yang beranggotakan kaum lansia, begitu juga sebaliknya ," ujar anggota yang sudah menginjak usia 53 tahun ini. (Mkh)