Selasa, 07 November 2017

Antisipasi Datangnya Musim Hujan Warga Diharap Waspada Banjir Bandang

Polres Probolinggo - Saat ini hampir sebagian besar wilayah Indonesia sudah memasuki awal musim hujan, tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Probolinggo. Di beberapa tempat, hujan sudah mulai turun meskipun intensitasnya tergolong masih rendah.
Menyikapi datangnya awal musim hujan, Anggota Polsek Kuripan BRIPKA YUSUF JUNA EDY yang saat itu sedang melaksanakan giat sambang desa di desa binaannya yaitu Desa Wringinanom memberikan himbauan kepada warga yang tinggal di dekat bantaran sungai di Dsn. Krajan Desa Wringinanom masalah antisipasi datangnya air bah atau banjir bandang di awal musim penghujan, mengingat belum lama ini juga sudah ada kejadian empat orang wisatawan lokal terseret air bah di wisata air terjun Umbulan Desa Sukapura Kecamatan Sukapura, dimana dua orang diantaranya kemudian ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan dua orang lainnya ditemukan selamat.
"Jadi sekalian melaksanakan sambang desa dan menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas sekaligus memberikan himbauan kepada warga khususnya yang tinggal di dekat bantaran sungai agar waspada datangnya air bah atau banjir bandang apabila di daerah atas (wilayah  Kecamatan  Sukapura) turun hujan, karena belum lama ini sudah ada kejadian empat orang terseret air bah di tempat wisata air terjun di Sukapura", tegas BRIPKA YUSUF JUNA EDY pada Selasa, (07/11/2017).
Bukan tanpa alasan BRIPKA YUSUF JUNA EDY menghimbau dan mewanti-wanti warga yang tinggal di dekat bantaran sungai tersebut perihal bahaya datangnya banjir bandang, hal ini dikarenakan sungai yang melintas di Dsn. Krajan Desa Wringinanom tersebut merupakan aliran sungai dari wilayah Kecamatan Sukapura, dimana pada sekitar awal Bulan Januari Tahun 2011 saat itu bersamaan dengan erupsi Gunung Bromo, banjir bandang pernah menghantam wilayah tersebut dan memporak porandakan rumah warga.
"Ya, saya ingat betul hari itu hari Rabu siang, Tanggal 05 Januari 2011, saat itu Gunung Bromo sedang erupsi, dan hujan deras di daerah atas (wilayah Kecamatan Sukapura) tiba-tiba banjir bandang datang dan menghantam serta memporak porandakan tempat ini dan desa-desa yang dilalui oleh aliran sungai ini", kenangnya.
Diharapkan warga Dsn. Krajan Desa Wringinanom khususnya yang tinggal di dekat bantaran sungai agar selalu waspada terutama apabila di wilayah Kecamatan Sukapura turun hujan deras dan berpotensi mengakibatkan datangnya air bah atau banjir bandang di sungai yang melalui tempat tersebut.
"Saya harapkan kepada warga kalau sudah mengetahui di wilayah Sukapura hujan deras agar segera menjauh dari sungai takutnya terjadi air bah atau banjir bandang di sungai", tambahnya.
(boydonk).