Rabu, 08 November 2017

Bangun Jalinan Informasi Melalui Patroli Bersinggungan Antar Polsek

Polres Probolinggo - Dalam mencegah terjadinya tindak kriminalitas dan kerawanan-kerawanan terutama pada malam hari, Polsek Kuripan memaksimalkan kegiatan patroli. Dan dalam pelaksanaan kegiatan patroli tersebut salah satunya dilakukan dengan tekhnik Patroli Bersinggungan dengan Polsek yang wilayahnya berbatasan langsung wilayah hukum Polsek Kuripan.

Dan yang dimaksud dengan Patroli Bersinggungan adalah petugas patroli dari masing-masing Polsek yang wilayahnya berbatasan langsung awalnya melakukan patroli di wilayah masing-masing dengan rute yang telah ditentukan, kemudian bertemu di titik tertentu seperti di perbatasan wilayah maupun di tempat-tempat atau jalur yang dianggap rawan tindak kejahatan. Selain guna mengantisipasi tindak kejahatan, giat Patroli Bersinggungan tersebut merupakan wadah bagi petugas patroli dari masing-masing Polsek untuk saling bertukar informasi dan saling berkoordinasi perihal situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing.

"Selain untuk antisipasi tindak kejahatan dan kerawanan pada malam hari, giat patroli bersinggungan antar Polsek ini merupakan wadah untuk saling bertukar informasi dan sebagai ajang koordinasi perihal situasi kamtibmas di wilayah masing-masing Polsek", ujar BRIPKA YUSUF JUNA EDY petugas Patroli Polsek Kuripan.

Malam itu Rabu dini hari (08/11/2017) sekira jam 01.00 wib, mobil patroli 80.1 Polsek Kuripan yang diawaki oleh BRIPKA YUSUF JUNA EDY dan BRIPKA FAKHRUDIN ARDIYANSAH melaksanakan Patroli Bersinggungan dengan mobil patroli 80.2 Polsek Bantaran yang diawaki oleh AIPTU HARIONO, BRIPKA DEVID, dan BRIGPOL HAPPY. Masing-masing petugas patroli dari Polsek Kuripan dan Polsek Bantaran tersebut bertemu di Desa Karanganyar Kecamatan Bantaran. Dipilihnya tempat tersebut dikarenakan selain tempat tersebut merupakan perbatasan antara Kecamatan Bantaran dan Kecamatan Kuripan, tempat tersebut juga merupakan jalur bagi sopir-sopir truck maupun mobil pick up dari Kecamatan Sumber yang biasanya pada jam-jam tersebut kembali dari luar kota sedari mendistribusikan sayur mayur di pasar-pasar luar wilayah Probolinggo. 

"Malam ini kami memilih untuk bersinggungan di tempat ini karena selain merupakan perbatasan Kuripan-Bantaran, tempat ini merupakan jalur bagi sopir-sopir truck dan mobil pick up dari wilayah Sumber yang kembali dari luar kota. Jadi guna mengantisipasi tindak kejahatan seperti pencurian dengan kekerasan maupun tindak pemalakan terhadap sopir, oleh sebab itu kami memilih untuk bersinggungan di tempat ini", ucap BRIPKA YUSUF.
Diharapakan dengan mengintensifkan giat Patroli Bersinggungan antar Polsek yang wilayahnya berbatasan langsung tersebut selain dapat dapat terjalin komunikasi yang baik antara petugas patroli, serta untuk saling koordinasi dan tukar menukar informasi guna pencegahan tindak kejahatan serta mengurangi kriminalitas dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas wilayah yang aman dan kondusif.
(boydonk).