Sabtu, 18 November 2017

Berbuat Baik Bisa Kapan Saja Dan Dimana Saja

Probolinggo, Polsek Kuripan - Terik panas sinar matahari siang itu tidak melunturkan tekad Anggota Polsek Kuripan untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Siang itu Sabtu, (18/11/2017) dua orang Anggota Polsek Kuripan AIPTU UTOMO dan BRIPDA DWI CAHYO yang sedang dinas siang melaksanakan kegiatan rutin patroli, dan siang itu dua Anggota Polsek Kuripan tersebut dengan mengendarai mobil patroli 80.1 Polsek Kuripan melaksanakan patroli ke wilayah tenggara Kecamatan Kuripan yaitu Desa Jatisari dan Desa Wonoasri. 

Setelah berkeliling di Desa Jatisari perlahan lahan mobil patroli Polsek Kuripan bergerak naik ke atas menuju ke Desa Wonoasri. Selain jalanan yang rusak dan terjal, letak geografis Desa Wonoasri yang berada di daerah pegunungan membuat mobil patroli Polsek Kuripan berjalan merayap di jalan desa yang dirasakan semakin menanjak. Ditengah perjalanan AIPTU UTOMO dan BRIPDA DWI CAHYO mendapati beberapa anak-anak SD sepulang sekolah sedang berjalan menyusuri jalan. Melihat hal tersebut AIPTU UTOMO langsung menghentikan mobil patroli yang dikendarainya dan kemudian menyapa serta menanyakan tujuan dari anak-anak tersebut. Setelah mengetahui tujuan dari anak-anak tersebut yang masih jauh yaitu sekitar  2 (dua) sampai 3 (tiga) kilometer ditambah lagi jalanan yang semakin menanjak, kemudian AIPTU UTOMO lalu memberi tumpangan kepada anak-anak tersebut.

"Kebetulan kami sedang melaksanakan patroli dan mendapati adik-adik ini sedang berjalan kaki sepulang sekolah, dan setelah saya tanya rumah mereka masih jauh dari sini ditambah lagi dengan jalanan yang semakin menanjak, oleh sebab itu mereka saya beri tumpangan", ujar AIPTU UTOMO.

Karena tempat duduk di dalam mobil patroli tidak muat, dengan terpaksa beberapa anak duduk di bak belakang mobil patroli, dan sebelum mobil tersebut berangkat AIPTU UTOMO menghimbau kepada anak-anak yang duduk di bak belakang mobil untuk duduk di dalam bak dan tidak duduk di tepi bak serta tidak bergurau selama dalam perjalanan. Kemudian dengan perlahan-lahan mobil patroli berjalan untuk mengantarkan anak-anak tersebut sampai ke tujuan.
Sesampainya di tujuan dengan sabar dan telaten AIPTU UTOMO menurunkan satu persatu anak-anak yang duduk di bak belakang mobil patroli tersebut. Terlihat perasaan senang dan gembira terpancar dari wajah anak-anak tersebut.
"Terima kasih Pak Polisi", teriak anak-anak tersebut dengan serempak.
"Selain menanamkan jiwa sosial untuk saling membantu dan menolong terhadap sesama kepada anak-anak ini, hal tersebut kami lakukan sebagai bentuk pelayanan kami kepada masyarakat dan agar anak-anak ini tidak canggung dan tidak takut lagi apabila bertemu dengan Polisi. Dan yang tidak kalah pentingnya juga, kita berbuat baik itu bisa kapan saja dan dimana saja", tambah AIPTU UTOMO.  

Setelah itu AIPTU UTOMO dan BRIPDA DWI CAHYO melanjutkan perjalanan untuk patroli berkeliling di Desa Wonoasri sambil melaksanakan sambang dan silaturrohmi kepada tokoh-tokoh yang ada di Desa Wonoasri. 
(boydonk).