Kamis, 09 November 2017

CEGAH AKSI MASSA, INI LANGKAH POLSEK PAJARAKAN



Probolingo (Polsek Pajarakan) – Aksi mogok kerja karyawan  PT. PERMATA CITRA NUSA ( PT.PCN ) Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, pada hari Kamis (9/11/2017).

Kapolsek Pajarakan AKP Kukuh melalui Kanit Reskrim IPTU  Bagus Purnama, SH menjelaskan dalam aksi mogok kerja telah dilakukan mediasi antara pihak perusahaan dengan karyawannya yang dihadiri oleh Management PT.PCN Sdr. Michael Huang, Irvan dan Mat Ali serta dihadiri Kaur Bin Ops (KBO) Sat Intelkam Polres Probolinggo IPDA Heri Nugraha, SH dan Kepala Desa karanggeger Sdr. Bawon Santoso di halaman depan PT.PCN Pajarakan.
“selama pelaksanaan mediasi berlangsung, para karyawan yang melakukan aksi mogok kerja kembali melanjutkan kerja di petak masing masing” imbuh Bagus.


Adapun tuntutan dari karyawan yang diwakili oleh Sdr. Bawon sebanyak empat tuntutan diantaranya Kejelasan adanya pemotongan bonus panen sebesar 1 juta untuk perbaikan jalan desa, kejelasan terkait adanya peraturan dimana jika hasil panen udang per meter kurang dari 2 kg tidak mendapatkan bonus penghasilan, Meminta transparansi perhitungan perolehan bonus penghasilan yang akan diperoleh karyawan pasca panen dan Kades Karanggeger bersama masyarakat akan melakukan aksi Unjuk Rasa lanjutan dengan tuntutan tambahan agar pihak PT.PCN dapat memperbaiki jalan desa yang rusak akibat aktivitas PT.PCN serta permintaan sumur air bersih untuk warga sekitar tambak yang saat ini sudah terasa payau.



Setelah upaya mediasi dihasilkan kesepakatan yang dijelaskan oleh Sdr. Michael Huang mewakili PT. PCN yaitu Tidak ada pemotongan penghasilan bonus, Bahwa perusahaan menetapkan hasil panen udang minimal setiap petak menghasilkan 1,7kg/m masih akan mendapatkan bonus penghasilan namun jika hasil panen masih dibawah 1,7kg/m dari perusahaan tidak memberikan bonus penghasilan namun Sdr. Michael Huang akan memberikan tips/bonus dari uang pribadi sebagai uang pengganti lelah, Pihak perusahaan bersedia memberikan pengumuman klarifikasi perhitungan jumlah bonus yang akan diterima oleh masing masing karyawan.



Sedangkan untuk tuntutan terkait jalan desa disepakati Pihak perusahaan sanggup memperbaiki akses jalan dengan meminta jangka waktu maksimal bulan mei 2018 jalan desa sudah selesai dikerjakan serta Pihak perusahaan sudah merencanakan akan membangun tandon air untuk mengatasi sumber air bersih warga sekitar tambak dimana tandon tersebut akan dibangun di beberapa titik dan untuk mekanisme pemasangan akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa karanggeger.



pasca pelaksanaan mediasi tersebut dilakukan penandatanganan pernyataan antara Kades Karanggeger dengan pihak PT.PCN terkait kesanggupan PT.PCN  memperbaiki jalan desa yang rusak akibat aktivitas tambak sepanjang 947 m ( dari SDN Karanggeger 2 sampai Jalan Raya ) dan 624 m ( Gerbang Desa Kranggeger sampai Jalan SDN Karanggeger 2 ) dg lebar jalan 3 m.


“Situasi secara umum berjalan aman, lancar dan terkendali, terkait aksi ini kami pihak kepolisian sebagai penengah dan penjaga kamtibmas dan tersalurkannya aspirasi karyawan kepada perusahaan, serta ini sebagai gambaran bahwa kami (Polsek Pajarakan) ada ditengah tengah masyarakat” tutur Kukuh kepada tim tribratanews. (fer)