Rabu, 29 November 2017

CEK PENGGUNAAN DANA DESA

Polres_Probolinggo-Polsek_Dringu,-  semua orang pastinya tahu akan maksud dari dua suku kata tersebut, benar adanya bahwa dana desa merupakan program pemerintah untuk memajukan, mengembangkan dan memakmurkan masyarakat desa yang dulunya seperti tidak pernah tersentuh oleh pembangunan dan sekarang diberikan hak sepenuhnya untuk mengelola dan melaksanakan pembangunan agar desa tersebut bisa berkembang dan maju dengan adanya pembangunan yang dilaksanakan oleh team dari petugas desa tersebut tanpa melibatkan pihak ketiga atau pemborong proyek.

Besarnya dana yang diterima oleh tiap desa bervariatif dan tidak sama jumlahnya, namun dalam penggunaannya haruslah tepat pada sasaran dan sesuai spesifikasi teknis yang prosedural, oleh karena itu tugas kita bersama dalam memantau, mengawasi dan mendampingi kegiatan penggunaan dana desa tersebut agar tidak ada penyimpangan.

3 (Tiga) pilar wilayah Dringu, Kapolsek Dringu, Danramil Dringu dan Camat Dringu  dan Bripka Andika Hp ( selaku bhabinkamtibmas desa )  bersama kades Randuputih  dan juga Babinsa Randuputih mereka bersama sama melaksanakan pengecekan penggunaan dana desa yang ada di Desa Randuputih, diawali dengan pengecekan pembangunan jalan desa dengan cara di paving lanjut di cor,  team 3 pilar ini mengukur setiap detailnya dan juga mengecek kondisi jalan rabat atau jalan cor tersebut, sehingga bisa diketemukan kekurangan maupun kelebihan pada matrix administrasi maupun fisiknya.

Kegiatan ini dalam rangka mengawal dana desa, seperti yang disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. TITO KARNAVIAN, M.A., Ph.D., saat video conference yang turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia TJAHJO KUMOLO dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia EKO PUTRO SANDJOJO.

Kegiatan tersebut tetap terus dilakukan anggota polsek dringu supaya tidak ada penyelewengan tentang anggaran dana desa. ( 22 )