Rabu, 29 November 2017

HADAPI BENCANA ALAM, SAT SABHARA BENTUK TEAM SIGAP ( SIAGA & TANGGAP ) BENCANA

Polres Probolinggo - Dengan bergantinya musim dari kemarau menjadi musim hujan, keadaan alam selalu berubah banyak bencana alam yang tejadi, oleh karena itu perlu kesiapsiagaan untuk menghadapi kejadian-kejadian bencana alam ini, seperti yang di laksanakan oleh Satuan Sabhara Polres Probolinggo melaksanakan latihan kemampuan SAR dan cek kesiapan sarana dan prasarana sebagai upaya kesiapsiagaan anggota Sat Sabhara dalam mengantisipasi bencana yang kemungkinan terjadi di Kabupaten Probolinggo, Rabu (29/11/17).

Kasat Sabhara Polres Probolinggo AKP Istono, S.H., M.M. bersama KBO Sabhara IPTU Suwito memberikan arahan kepada anggota dalam pelaksanaan latihan sar yang dilaksanakan bersama BPBD dengan melibatkan sekitar 20 personil Sat Sabhara Polres Probolinggo, dengan materi latihan disampaikan langsung Kasat Sabhara dan dibantu oleh Bripka Jajak Agus Wijaya, S.H. yang mempunyai keahlian dibidang sar tersebut, materinya membahas tentang kemampuan dalam pengamanan dan penyelamatan orang, barang, tempat atau lokasi, barang berharga akibat dampak dari bencana alam, selain itu juga dilatih kemampuan dalam menguasai berbagai peralatan seperti perahu karet, utamanya pelatihan penyelamatan dan evakuasi saat terjadi peristiwa korban tenggelam.

AKP Istono, S.H., M.M. mengatakan “pelatihan SAR bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil yang lebih baik dalam menanggulangi korban bencana alam bila suatu saat menangani bencana, sehingga latihan SAR untuk mengetahui dan mengukur tingkat kemampuan serta kesiapsiagaan anggota dalam melaksanakan tugas SAR yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap keberhasilan dalam pelaksanaannya”.(De/sbr)