Selasa, 14 November 2017

Hujan Deras Semakin Menggelontor Waspada Bahaya Tanah Longsor

Polres Probolinggo - Memasuki pertengahan bulan November, hujan deras dirasa mulai mengguyur di berbagai wilayah Kabupaten Probolinggo. Begitu juga di wilayah Kecamatan Kuripan yang hampir setiap hari turun hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi. Dan mengingat wilayah Kecamatan Kuripan yang mayoritas wilayahnya merupakan dataran tinggi, tidak menutup kemungkinan bahaya tanah longsor mengintai setiap saat,  utamanya saat hujan deras turun.

Menyikapi hal tersebut, siang itu Selasa (14/11/2017) Anggota Polsek Kuripan AIPTU TOTOK BUDI S. dan BRIPDA M. HAFIL ADAMY yang sedang melaksanakan kegiatan rutin patroli kemudian mengarahkan arah roda mobil patroli 80.1 Polsek Kuripan menuju Dusun Braholo Desa Kedawung. Dimana Dusun Braholo tersebut merupakan salah satu Dusun di wilayah Kecamatan Kuripan yang letaknya di dataran tinggi dengan medan yang menanjak dan berbukit.  Maksud dan tujuan AIPTU TOTOK BUDI S. dan BRIPDA M. HAFIL ADAMY melaksanakan patroli ke daerah tersebut selain guna menyampaikan pesan-pesan kamtibmas kepada warga, juga untuk memberikan himbauan kepada masyarakat khususnya yang tinggal di daerah dekat tebing untuk mengantisipasi bahaya tanah longsor terutama seperti sekarang ini dimana hujan deras turun hampir setiap harinya.

"Melihat  fenomena alam yang terjadi sekarang ini, dimana hujan deras turun hampir setiap harinya. Oleh sebab itu kami memberikan himbauan kepada warga Dusun Braholo khususnya yang tinggal di daerah dekat tebing untuk mengantisipasi bahaya tanah longsor, mengingat Dusun Barholo ini terletak di daerah dataran tinggi dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi tanah longsor apabila hujan turun dengan deras", ungkap Pak TOBAR begitu sapaan akrab dari AIPTU TOTOK BUDI S.

Selain memberikan himbauan kepada masyarakat, Pak TOBAR bersama dengan beberapa warga setempat juga meninjau beberapa titik yang diperkirakan rawan longsor. Dan hasilnya ditemukan beberapa titik rawan longsor akan tetapi letaknya jauh dari pemukiman warga. Meskipun titik rawan longsor letaknya jauh dari pemukiman warga, Pak TOBAR mengingatkan kepada warga supaya tetap waspada terhadap bahaya tanah longsor terutama bila hujan turun dengan deras.

"Jadi kami bersama warga meninjau beberapa titik yang diperkirakan rawan longsor, dan Alhamdulillah letaknya masih jauh dari pemukiman warga. Akan tetapi saya mengingatkan kepada warga untuk tetap waspada akan bahaya tanah longsor terutama saat hujan deras turun", tambahnya.
(boydonk).