Minggu, 05 November 2017

KILATAN CAHAYA BIRU DI MALAM HARI YANG MENENANGKAN HATI.


Polres Probolinggo - Malam itu suasana di wilayah Kecamatan Kuripan terasa sangat sepi, agak sedikit berbeda dengan malam-malam sebelumnya walaupun saat itu adalah malam Minggu. Selain dikarenakan wilayah Kecamatan Kuripan terletak di daerah pegunungan,  dinginnya udara malam itu setelah sore harinya diguyur hujan yang lumayan cukup lebat walaupun tidak lama menambah sunyinya malam. Dari jauh terlihat samar-samar kilatan cahaya biru bergerak pelan-pelan menembus kegelapan malam, dan ternyata itu adalah mobil patroli Polsek Kuripan yang sedang melaksanakan patroli malam hari.

Ya benar, malam itu Sabtu, (04/11/2017) dua Anggota Polsek Kuripan AIPTU Utomo dan AIPTU Hari Maryanto yang sedang melaksanakan tugas piket malam melaksanakan patroli berkeliling wilayah Kecamatan Kuripan guna antisipasi kerawanan malam hari seperti curhewan (pencurian hewan ternak), pencurian dengan kekerasan, pencurian di pemukiman, serta kerawanan-kerawanan malam hari yang lainnya.

"Malam ini memang agak sepi meskipun sekarang malam Minggu, apalagi tadi sore juga hujan jadi suasananya enak dibuat untuk tidur, tetapi kami tetap melaksanakan patroli guna memberikan rasa aman kepada warga masyarakat yang sedang beristirahat sebagai wujud kehadiran Anggota Polri di tengah-tengah masyarakat", ucap AIPTU Utomo.

Setelah berkeliling melintasi Desa Kedawung dan Desa Resongo, mobil patroli Polsek Polsek Kuripan bergerak menuju ke Desa Karangrejo, dan sesampainya di sebuah Poskamling di Dsn. Mbunut Desa Karangrejo tampak beberapa orang warga yang masih terjaga dan mengobrol di Poskamling tersebut. Setelah itu mobil patroli Polsek Kuripan berhenti dan singgah di tempat tersebut, kemudian AIPTU Utomo dan AIPTU Hari Maryanto turun menyapa warga dan berbincang-bincang dengan warga yang berada di Poskamling tersebut.

"Jadi kami melaksanakan patroli dialogis yaitu selain melaksanakan patroli keliling, apabila kami menjumpai warga khususnya di malam hari maka kami akan berhenti dan melakukan dialogis dengan warga untuk menyampaiakan pesan-pesan Kamtibmas serta memberi motivasi kepada warga agar selalu aktif menjaga keamanan lingkungan khususnya malam hari guna mengantisipasi tindak kejahatan di lingkungannya", tambah AIPTU Utomo.

Kehadiran Anggota Polsek Kuripan yang sedang melaksanakan patroli malam itu disambut sangat antusias oleh warga yang berada di Poskamling tersebut, seperti diungkapkan oleh salah satu tokoh masyarakat Dsn. Mbunut Desa Karangrejo yaitu Saudara SAMSUL alias NGATUN yang juga bergabung di Poskamling tersebut.

"Kami sangat senang dengan kehadiran bapak-bapak Polisi dari Polsek Kuripan yang berpatroli ke Dusun kami, apalagi seperti malam ini yang suasananya agak sepi, bila kami melihat ada lampu biru dari mobil patroli bapak-bapak Polisi, hati kami jadi tenang" ujarnya.
(K-24)