Selasa, 21 November 2017

PERLUNYA KESADARAN DAN PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM KESELAMATAN BERKENDARA.

Polres Probolinggo, Polsek Tiris,- Keselamatan berkendara adalah nomor satu dan yang utama, meski nyawa tak bisa dibeli di toko maupun swalayan, nyatanya banyak yang mengabaikan akan keselamatan dalam berkendara dijalan. Masyarakat merasa sudah ahli dalam mengemudikan kendaraan dan lihai mengendarai dan apabila ditanya mengapa tidak menggunakan helm, tidak memakai spion atau kelengkapan kendaraan maupun perorangan mereka pasti menjawab ”saya bisa nyetir pak tenang aja”, padahal mengemudi dan menyetir memiliki pemahaman arti yang berbeda, mengemudi adalah hal dimana seseorang mengendarai kendaraan dan paham akan rambu rambu lalu lintas dan saling menjaga keselamatan pribadi maupun pengendara lain, sedangkan menyetir adalah hal dimana seseorang memegang kemudi kendaraan tanpa memahami akan rambu dan keselamatan pribadi maupun orang lain, seperti contohnya topeng monyet yang bisa menyetir tanpa tahu maksud dirinya memegang kemudi.

Keselamatan berkendara tidak hanya di jalan raya ataupun daerah Pantura daerah pelosok perlu adanya kesadaran dalam berkendara dan arti pentingnya keselamatan , seperti yang terlihat di jalan jalan wilayah Tiris banyak ditemui anak sekolah dibawah umur mengendarai motor padahal mereka belum waktunya mengemudikan motor dan apabila terjadi kecelakaan, siapakah yang harusnya dipersalahkan dengan memberikan ijin mereka membawa motor kesekolah.

Untuk itu Brigpol Sony Wira Negara, SH selaku pengemban bhabinkamtibmas memberikan pengarahan dan himbauan kepada anak anak usia sekolah yang belum cukup umur agar tidak membawa motor kesekolah apalagi tanpa menggunakan helm dan perlengkapan keselamatan lainnya, seperti siswa Sekolah Dasar / SD juga siswa SMP. Siswa siswa tersebut bisa diberikan pengarahan dan semoga para orang tua juga memahami hal tersebut.

Di tempat lain juga adanya pengendara motor modifikasi yang digunakan oleh warga untuk mengangkut kayu sengon dan dibawa ke gudang pemotongan untuk dijual, berat dan tinggi muatan yang berlebih seperti itu bisa mengakibatkan kecelakaan dan menggangu keselamatan pengendara lain. Untuk itu pentingnya keselamatan dan kesasaran berkendara sangat penting dan bukan hanya tugas dari kepolisian namun banyak pihak, dan jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu lintas, karena keselamatan yang utama.

(Rep. Sek Tiris.)