Jumat, 03 November 2017

POLISI HEBAT BEBASKAN PEMASUNGAN TERHADAP KORBAN SAKIT JIWA


Polres Probolinggo – Kanit Binmas Polsek Krucil BRIPKA Erik Firdianto, bersama sama dengan Dinas Kesehatan Krucil, Anggota Koramil Krucil dan Aparatur Desa Kalianan Kecamatan Krucil melakukan pembebasan warganya yang dipasung, terhadap Sdr. Samsul Alias Salim Umur 17 tahun dirumahnya Dusun Kalimanguk Rt 09 Rw 03, Desa Kalianan Kecamatan Krucil, pada hari Jum'at (03/11/2017).



BRIPKA Erik Firdianto menyikapi apa yang menjadi tugasnya sebagai insan Polri selain sebagai pelindung dan pengayom masyarakat juga sebagai pemecah masalah, maka demikian begitu mendengar adanya salah satu warga Desa Kalianan yang diduga menderita sakit kejiwaanya dan kemudian dipasung oleh keluarganya, maka jauh-jauh hari langsung melakukan kordinasi  dengan Tiga Pilar dan juga dari Dinas Kesehatan yaitu Puskesmas Krucil untuk melakukan pendekatan dan pembinaan terhadap keluarganya dan juga memberikan pengertian guna di lakukan pengobatan secara medis terhadap yang bersangkutan.

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad. S.H, S.I.K, M.H, M.Si melalui Kapolsek Krucil AKP Mahmud mengatakan kordinasi dengan Tiga Pilar dan instansi lainya sangat berguna untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di Desa, dan juga langkah cepat apa yang di lakukan Kanit Binmas sangat tepat karena perlakukan pemasungan sudah melanggar hukum  dan  melanggar hak asasi Manusia.


“Pemasungan terhadap Sdr. Samsul yang dilakukan oleh pihak keluarga tersebut dilakukan dikarenakan yang bersangkutan diduga sakit kejiwaannya, yang dimana Sdr. Samsul sering mengamuk dan juga sering meninggalkan rumah berhari hari, dan juga dikarenakan faktor ekonomi yang menyebabkannya dipasung dan kesehariannya hidup bersama bersama kakeknya” ungkap BRIPKA Erik Firdianto.

 Setelah dilakukan pelepasan pasungan kaki Sdr. Samsul pada batang kayu, kemudian BRIPKA Erik Firdianto berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial guna melakukan langkah selanjutnya yaitu penyembuhan terhadap Sdr Samsul dengan mengantarkan yang bersangkutan guna dilakukan pemeriksaan Kejiwaan ke RSJ Lawang Kabupaten Malang. (Mj)