Jumat, 24 November 2017

Mobilisasi Desa Siaga Bersama Sukamto

Polres Probolinggo - "Pak Polisi berapa kali cek tensi?", tanya narasumber kepada Aiptu Sukamto. "Saya cek tensi setiap ada kesempatan bu." jawab polisi bertubuh tambun tersebut sembari tersenyum disambut gelak tawa peserta yang hadir. Sri Rusmina SKM, MMKes (48), pegawai Dinas Kesehatan Kab Probolinggo yang hadir sebagai narasumber tersebut kemudian menjelaskan pentingnya kontrol tensi terutama pada seseorang dengan usia diatas 35 tahun untuk mengantisipasi penyakit darah tinggi yang kemudian berakibat stroke. Terlihat Sukamto yang didapuk sebagai tuan rumah selaku BBKTM Desa Clarak mengangguk tanda mengerti sambil mencatatkan beberapa tulisan dalam notes yang dibawanya.

Bahasan tersebut adalah satu dari sekian topik yang dikemukakan dalam acara bertajuk Mobilisasi Desa Siaga yang dihelat oleh Puskesmas Jorongan Leces di balai Desa Clarak kemarin (20/11).Dalam acara yang dihadiri unsur Tiga Pilar (Polsek-Koramil-Pemdes) beserta Bidan Desa di 4 Desa Wilayah Leces tersebut juga diberitakan bahwa status dua Puskesmas di wilayah Leces yakni Puskesmas Jorongan dan Puskesmas Leces telah naik status dari Pratama menjadi Madya dan kedepan diharapkan dapat naik lagi menjadi Puskesmas Utama. 

Dengan terjalinnya koordinasi lintas sektoral seperti pada acara tersebut narasumber berharap agar masing-masing petugas di Desa, baik itu dari Polsek, Koramil dan Pemdes dapat menjadi agen survialance jika ditemukan adanya wabah penyakit di tengah masyarakat dengan berkoordinasi dengan tenaga medis setempat yang kemudian diharapkan dapat menekan angka mortalitas terutama ibu dan anak dalam persalinan di wilayah leces.

Acara yang berlangung dengan guyub tersebut ditutup dengan forum diskusi dan pendataan fasilitas kesehatan pada masing masing Desa. tak lupa sebelum membubarkan diri para peserta menyempatkan diri berfoto bersama (ptn)