Sabtu, 11 November 2017

Selamatkan Pelajar, Polsek Kraksaan Beri Penyuluhan Bahaya Narkoba

Kraksaan – Polisi Sektor Kraksaan Polres Probolinggo menggelar penyuluhan bahaya narkoba kepada siswa – siswi SMK Negeri 2 Kraksaan yang berlangsung di Aula SMK Negeri 2 Kraksaan yang terletak di Kelurahan Sidomukti, Rabu (08/11/2017).
Kanit Sabhara Polsek Kraksaan IPTU Edy Djaya Purwanto mengungkapkan, penyuluhan tersebut bertujuan untuk menyelamatkan generasi muda dari penyalahgunaan narkoba di wilayah hukumnya yang cenderung sudah makin  meningkat utamanya di kalangan pelajar.
“Penyuluhan ini dilakukan agar para siswa – siswi ini paham dan mengerti serta lebih berhati – hati terhadap peredaran narkoba serta bahaya yang ditimbulkan dari gaya hidup yang tidak sehat,” ungkapnya.
Disamping itu lanjut Edy, penyuluhan dan sosialisasi dimaksudkan untuk memperluas informasi kepada siswa dan siswi tentang baya narkoba yang dapat menghancurkan masa depan generasi muda penerus perjuangan bangsa.
“Narkoba merupakan pembunuh massal. Sebab dampaknya sangat fatal dikarenakan kerusakan yang ditimbukan bersifat permanen. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian medis dan bukan hanya katanya atau slogan saja, sehingga perlu adanya penyuluhan,” paparnya.
Dalam kesempatan itu telah disampaikan materi tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba meliputi pengertian narkoba, jenis – jenis narkoba dan penggolongan narkoba berdasarkan efek yang ditimbukna seperti halusinogen, stimulant, depresan dan adiktif, serta dijelaskan pula dampak dari penyalahgunaan narkoba serta ciri – ciri pengguna narkoba dan penjelasan terkait sanksi hokum terhadap pengguna dan pengedar narkoba sesuai dengan Uundang - Undang RI No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.
Ditempat yang sama Kapolsek Kraksaan KOMPOL Budi Harianto, S.H. kepada Tribrata News menjelaskan bahwa pihaknya sangat prihatin dan geram dengan maraknya peredaran narkoba dikalangan pelajar yang terjadi di wilayah hukumnya, dan memerintahkan anggota untuk tidak segan – segan memberantas para pengedar narkoba sampai ke akar – akarnya.
“Mari kita ciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba, hidup sehat tanpa narkoba, waspada dan hindari narkoba serta jangan sekali – kali terbesit untuk mencoba menggunakan narkoba. Mari bergandeng tangan memerangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sehingga kita terbebasdari ancaman bahaya narkoba,” ajaknya.

“Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kraksaan Drs. Abdul Rofi sangat mengapresiasi dan mendukung agar giat penyuluhan ini dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga dapat menekan peredaran narkoba dikalangan pelajar dan menyelamatkan masa depan generasi muda penerus perjuangan bangsa,” tuturnya. (JR)