Selasa, 21 November 2017

SIKAMLING DIGAGAS, ZERO KRIMINALITAS PASTI !

Probolinggo (Polsek Dringu), - Belajar dari pengalaman kejadian percobaan pencurian sapi sebelumnya, pada awal Juli 2017 Kapolsek Dringu AKP. Suparmin, SH memerintahkan Bhabinkamtibmas Desa Sumberagung AIPTU. Bambang Tarmuji untuk bersama sama kepala desa menggiatkan program Siskamling. Kades Sumberagung Elmidi menyambut positif program Siskamling tersebut dengan mengaktifkan 11 pos Kamling pada 3 dusun di desanya. Poskamling sengaja ditempatkan pada tempat tempat rawan dan setiap malamnya diisi oleh 4 hingga 7 orang warga yang bertugas ronda dari jam 23.00 WIB hingga 03.30 Wib.  

Jadwal dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu kewajiban warga yang bekerja sebagai karyawan dan PNS, mereka dijadwal pada malam Sabtu dan malam Minggu ujar Elmidi. Setiap malam petugas pos kamling dikontrol oleh perangkat desa yang melaksanakan piket di balai desa.
Elmidi juga sangat terbantu dengan kehadiran petugas patroli Polsek Dringu yang sesekali berhenti pada salah satu pos kamling guna dialogis dengan warga.      

Semua warga berperan aktif sehingga terbentuk solidaritas yang kuat untuk menjaga keamanan desanya, hasilnya alhamdulilah di desa Sumberagung tercatat nihil kejadian kriminalitas, ujar Elmidi

Elmidi menyampaikan, program ini bukan tanpa tantangan, tantangan yang paling besar adalah adanya beberapa warga yang kadang tidak melaksanakan kewajiban ronda tanpa ijin, utamanya kepada rekannya. Kejadian seperti ini diatasi dengan memberi hukuman denda sebesar Rp. 25.000,00 ( dua puluh lima ribu rupiah ) sesuai kesepakatan yang sudah diputuskan. Seperti pada Selasa (21/11/2017), Kepala Desa Sumberagung Bpk Elmidi memanggail dua orang warganya yang dilaporkan tidak melaksanakan ronda malam ke balai desa, dalam kesempatan ini Kapolsek Dringu melalui Kanit Sabhara Polsek Dringu, AIPTU. Riyantoso, SH berkesempatan memberikan pemahaman dan pembianaan terhadap warga supaya terbentuk soliditas dan kebersamaaan guna mewujudkan HARKAMTIBMAS utamanya menjelang Pilkada 2018. (Ryan)