Minggu, 12 November 2017

TAK JERA TIM MADA AMANKAN PELAKU BALAP LIAR LAGI

Polres Probolinggo - Lagi-lagi Tim Mada Polres Probolinggo berhasil mengamankan tiga motor yang sudah dimodifikasi untuk balapan liar di Sepanjang Jalan depan KPU Probolinggo Sampai Depan Alun - alun Kraksaan, sabtu malam (11/11/2017). Sebagaimana dilaporkan warga masyarakat dan para biker yang peduli keselamatan melalui aplikasi B
Bromo Perkasa bahwasanya akan ada balap liar di depan alun alun Kraksaan.

“Saat dilokasi, ada banyak anak muda tapi langsung melarikan diri, namun kami melaksanakan pengejaran berhasil mengamankan tiga (3) kendaraan sepeda motor yang semuanya tidak dilengkapi alat kelengkapan sesuai standar yang ditentukan dan sebagian pelaku tidak dapat menunjukkan STNK dan SIM," ujar Katim Mada Bripka Purwanto.

Selanjutnya motor dan pengendaranya langsung dibawa ke Mako Polres Probolinggo untuk diperiksa. Kanit Turjawali Sabhara IPDA H. Wiyono mengatakan, “Sudah kami amankan dan nantinya akan diberikan pembinaan karena masih dibawah umur. Sebelumnya kita juga sudah pernah melakukan razia yang sama. Namun mereka ini belum juga jera. Aksi balapan liar seperti ini akan terus kami tindak, karena selain melanggar peraturan yang ada juga membuat para warga serta pengguna jalan lainnya terganggu".

Balap liar sudah menjadi fenomena sosial tidak hanya di kota besar tetapi juga merambah kota-kota kecil. Balap liar justru menimbulkan pelanggaran hukum seperti judi, transaksi narkoba, minuman keras dan bahkan menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Tindakan balap liar sendiri adalah pelanggaran hukum yang diatur Undang-Undang Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Upaya-upaya pihak Kepolisian untuk mencegah terjadinya aksi balap liar telah dilakukan seperti melakukan penanggulangan secara preventif seperti sosialisasi ke komunitas, sekolah dan masyarakat.(Az/sbr)