Sabtu, 11 November 2017

Tekad Dan Kepedulian Polisi Ini Patut Diberikan Apresiasi



Polres Probolinggo - Kepedulian Anggota Polsek Kuripan yang satu ini terhadap kelestarian alam dan lingkungan patut diberikan apresiasi. Setelah beberapa waktu yang lalu dirinya dengan tanggap merespon keluhan masyarakat perihal kritisnya sumber mata air bersih klompek yang terletak di Dsn. Gunungsari Desa Resongo dengan memotivasi warga sekitar untuk melakukan penghijauan lahan di sekitar sumber mata air, kemudian dirinya juga yang secara swadaya membeli dan mendatangkan bibit-bibit pohon yang rencananya akan ditanam di lahan sekitar sumber mata air. Kini "Pak MAYAR" begitu sapaan akrab AIPDA MAYAR BUDIONO menggandeng PT. KTI (Kutai Timber Indonesia) Probolinggo yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kayu untuk turut serta berpartisipasi menghijaukan lahan di sekitar sumber mata air tersebut. 

Sabtu pagi, (11/11/2017) sekira jam 08.00 WIB, AIPDA MAYAR BUDIONO bersama dengan Perangkat Desa Resongo dan beberapa warga Dsn. Gunungsari mendampingi Tim dari PT. KTI Probolinggo yang terdiri dari tiga orang yaitu Bapak SAN SAN, Bapak RIBUT SUGIANTO, serta Bapak MOHAMMAD ROZAK yang akan melaksanakan survey di lahan sekitar mata air bersih klompek. Tujuan kedatangan Tim dari PT. KTI Probolinggo tersebut guna melakukan survey sebelum PT. KTI Probolinggo tersebut memberikan bantuan berupa bibit pohon yang akan ditanam di sekitar sumber mata air tersebut, serta sebesar apa manfaat dari sumber mata air tersebut bagi masyarakat dan apakah di lahan tersebut layak untuk diberikan bantuan bibit pohon guna ditanam di lahan tersebut.

"Ya ini merupakan salah satu usaha saya untuk menghijaukan lahan di sekitar sumber mata air ini, dengan menggandeng PT. KTI Probolinggo guna memberikan bantuan berupa bibit pohon untuk ditanam disini, dan sekarang ini saya bersama Perangkat Desa dan warga sekitar sedang mendampingi Tim survey dari PT. KTI Probolinggo, semoga berjalan dengan lancar", tegas AIPDA MAYAR BUDIONO.
Setelah Tim yang dipimpin oleh Bapak SAN SAN tersebut melihat langsung ke sumber mata air serta berkeliling di lahan sekitar sumber mata air, kemudian Bapak SAN SAN menyatakan dirinya sangat setuju kalau lahan di sekitar sumber mata air tersebut dihijaukan. Mengingat sumber mata air tersebut sangat berperan penting bagi kehidupan masyarakat sekitar, serta lahan di sekitar sumber mata air juga banyak yang tidak dikelola dan ditanami pohon. Dan setelah melaksanakan survey, dirinya dan Tim akan membuat laporan hasil survey dan melaporkan hasil survey tersebut ke pimpinan PT. KTI Probolinggo.

"Kalau saya pribadi sangat setuju kalau lahan di sekitar sumber mata air ini dihujaukan, mengingat memang sumber mata air disini sangat kecil karena lahan di sekitar sumber mata air ini banyak yang tidak diolah dan ditanami pohon, serta sumber mata air disini juga sangat dibutuhkan oleh warga sekitar. Oleh sebab itu sedarinya saya disini, saya dan Tim akan membuat laporan hasil survey dan melaporkan ke pimpinan dan semoga disetujui", ucap Pak SAN SAN.
Dan apabila nanti disetujui oleh pimpinan PT. KTI Probolinggo, pihak dari PT. KTI Probolinggo akan memberikan bantuan berupa bibit pohon yang sifatnya konsumtif, yaitu berupa bibit pohon gayam, klompek, sukun, dan durian. Dengan maksud apabila nanti pohon-pohon tersebut sudah besar warga sekitar dapat menikmati buah dari pohon tersebut, sedangkan pohonnya sendiri masih bisa tetap tumbuh besar guna menghijaukan lahan di sekitar sumber mata air tersebut serta menjaga kelestarian sumber mata air itu sendiri, dan tidak kalah pentingnya juga bahwa pohon-pohon tersebut secara tidak langsung juga bisa mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.
(boydonk).