Rabu, 08 November 2017

Truck Gandeng Tabrak Bak Truck Pasir, Kaki Sopir Remuk

Petugas Polsek Leces evakuasi korban ke RSUD Dr Moh Saleh
Polres Probolinggo - Pada dini hari kemarin (8/11) tepatnya pukul 01.30 wib satu unit truck gandeng yang tak bermuatan menabrak unit dump truck yang sedang parkir di utara SPBE Clarak Kec Leces. Truck Hino Nopol L-8114-HE tak bermuatan yang dikemudikan oleh kernet Joni (22) tersebut melaju dari arah Lumajang dengan tujuan Tuban. Joni menggantikan sopir utama truck yakni Fathik (33). Diperkirakan truck tersebut melaju dengan kecepatan diatas 60 kpj karena dump truck Nopol DA1167KC yang ditabrak tersebut sempat terdorong maju hingga 15 meter.

Tampak kabin truck gandeng dalam keadaan ringsek
Pada saat kejadian, M Tikan (27) sopir dump truck bermuatan pasir tersebut sedang tidur di dalam kabin truck. "Saya sudah parkir disini mulai jam 1 malam, saya kaget ketika saya mengetahui truck saya terdorong hingga mesinnya hidup" ujarnya yang mengisyaratkan bahwa saat parkir truck dalam posisi gigi satu. Karena menabrak bak belakang dump truck yang bermuatan pasir, kabin truck gandeng pun ringsek yang mengakibatkan kaki kiri Joni tergencet, sedangkan Fathik yang duduk disebelahnya hanya mengalami luka diwajahnya kena pecahan kaca kabin truck yang pecah. tak terlihat kerusakan berarti pada bak dump yang ditabrak.

Dibantu warga dan kru truck lain yang juga sedang parkir di sekitar kejadian, akhirnya Joni yang dalam keadaan setengah sadar berhasil dikeluarkan dari kabin truck. Kaki kirinya dari lutut kaki ke bawah remuk, darah segar nampak berceceran dilantai kabin truck. Joni dan Fathik pun segera dievakuasi ke RSU Kota Probolinggo menggunakan mobil patroli Polsek Leces. Sementara itu petugas dari Satlantas Polres Probolinggo pun datang untuk menguarai kemacetan.

Petugas Unit Laka Lantas Brigpol Tri Mulyono menyatakan bahwa tabrakan disebabkan oleh sopir truck gandeng yang mengantuk. Melaju dari arah Lumajang ke utara kemudian berpindah jalur sehingga menabrak dump truck yang parkir di bahu jalan arah yang berlawanan. Dirinya pun mendatangkan truck derek untuk mengevakuasi truck gandeng yang bak bagian belakangnya sedikit melintang badan jalan ke kantor Sat Lantas Polres Probolinggo.

"Untung masih nabrak truck ini, kalo enggak ya warung saya yang habis" ujar Heri (50), pemilik warung yang lokasinya tepat berada di depan tkp. Diketahui bahwa sopir truck gandeng yang menabrak dan dump truck adalah sama-sama warga Tempeh, Lumajang. Kecelakaan tersebut sempat termonitor oleh stasiun radio Suara Surabaya.(ptn)