Rabu, 08 November 2017

TUGAS EKSTRA AWASI DANA DESA, KAPOLSEK KRAKSAAN BERIKAN BEKAL KEPADA BHABINKAMTIBMAS



Polres Probolinggo - Personel Bhabinkamtibmas di Polsek Kraksaan kini punya tugas ekstra. Para Polisi di desa itu ditugasi menjadi pendamping spiritual Kepala Desa (Kades) agar memanfaatkan dana desa secara benar untuk kesejahteraan masyarakat.

"Para anggota Polri, terutama personil Bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing, dalam mengawal dana desa mengedepankan pencegahan penyimpangan dana desa, dan berinovasi bersama perangkat desa dalam pengelolaan dana desa," kata Budi Harianto dalam giat Coffe Morning bersama anggota Polsek Kraksaan yang berlangsung di Halaman Mapolsek Kraksaan, Rabu lalu (1/11/2017) 

Penugasan tambahan untuk Bhabinkamtibmas tersebut merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman yang terbangun antara Kepolisian Negara Republik Indonesia bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kemendagri tentang Pencegahan, Pengawasan, dan Penanganan Permasalahan Desa.

Kapolsek Kraksaan, KOMPOL Budi Harianto, S.H. mengatakan kepada tim tribratanews Polres Probolinggo, bahwasannya Nota Kesepahaman yang ditandatangani Kapolri merupakan amanah bagi Polsek Kraksaan. " Sebagai Implemantasi dari Nota Kesepahaman bersama harus   kami akan tindak lanjuti dengan forum diskusi bersama dengan dinas terkait agar dapat menjadi wadah berbagi guna meminimalisir penyimpangan dana desa yang digelontorkan pusat" ujarnya .

harapan kami para polisi yang bertugas di desa selalu mengingatkan dan memberi saran positif kepada para Kades di wilayahnya terkait pengelolaan dana desa. "Kita mengawasi dengan niat ikhlas agar kita dapat melihat masyarakat desa sejahtera," imbuh Budi.

Selain mencegah penyelewengan dana desa, polisi-polisi Kraksaan juga diharapkan aktif melaksanakan patroli sambang terhadap Toga / Tomas jelang pelaksanaan Pilkada serentak yang akan diadakan tahun 2018, sehingga Polisi Bhabinkamtibmas tidak bergerak sendirian namun bisa bersinergi bersama – sama tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh Pemuda yang notabene sebagai panutan masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Budi mengklaim, sejauh ini wilayah Hukum Polsek Kraksaan relatif aman dari gangguan Kamtibmas. Hal itu tak lepas dari peran masyarakat dalam memerangi bahaya radikalisme. (Jr)