Sunday, December 24, 2017

10 Ribu Bibit Mangrove Ditanam Satpolairud di Pantai Duta Paiton



Probolinggo (Satpolairud) - Sebanyak 10 ribu bibit tanaman mangrove ditanam di sepanjang Pantai Duta, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Kegiatan tersebut Wujud Kepedulian Sat Polairud Polres Probolinggo yang merupakan wilayah hukum perairan Sat Polairud Polres Probolinggo, pada Sabtu 23/12.

Acara digelar Sat Polairud Polres Probolinggo dibawah pimpinan AKP Slamet Prayitno bekerja sama dengan BKSDA Resort Probolinggo ini turut dihadiri Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad SH, SIK, MH, MSi, jajaran Bhayangkari, Muspika Kecamatan Paiton. Secara simbolis Kapolres Probolinggo ikut menanam bibit mangrove di bibir pantai.

Selain mencegah abrasi, sudah banyak terbukti jika mangrove memiliki manfaat yang sangat potensial untuk perekonomian masyarakat. AKBP Fadly mengapresiasi program penanaman mangrove di Pantai Duta Desa Randutatah.

Ia berharap, setelah Satpolairud Polres Probolinggo memberikan bantuan warga sekitar harus mau merawatnya. Perawatan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, swasta, dan akademisi, namun peran masyarakat juga dianggap penting lantaran menjadi orang terdekat dan merasakan langsung manfaat mangrove.

Satpolairud akan berkordinasi dengan Pemkab Probolinggo berkomitmen akan terus menanam mangrove terutama di daerah Pantura yang rawan abrasi. Terlebih beberapa waktu ke depan kawasan Wisata yang benar-benar harus ekstra pengawasan.

Kasat Polairud AKP Slamet Prayitno SH menjelaskan pemberian 10 ribu bibit ini dilatari oleh kerusakan ekosistem mangrove di Kabupaten Probolinggo. Dari jumlah 1.384 hektar sekitar 70 persen di antaranya belum terjamah.

"Menghadapi masalah ini selama beberapa tahun kami telah menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga untuk menyelamatkan hutan bakau atau mangrove di pesisir Probolinggo. Ini komitmen kami untuk melestarikan lingkungan," tutur Slamet Prayitno. (Bima)