Senin, 04 Desember 2017

BHABINKAMTIBMAS POLSEK DRINGU EDUKASI AWAK SISKAMLING DI DESA KEDUNGDALEM


Polres Probolinggo — Polsek Dringu, siskamling (sistem keamanan lingkungan) merupakan upaya bersama untuk memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal segala bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat).

Kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi di bidang keamanan dan ketertiban, merupakan potensi pengamanan swakarsa yang perlu dilestarikan dan ditingkatkan guna menumbuhkembangkan sikap mental, kepekaan dan daya tanggap setiap warga masyarakat dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban disetiap dilingkungannya masing-masing.

Polsek Dringu menyadari akan hal tersebut, potensi masyarakat yang ada harus dioptimalkan guna membantu tupoksi Polri sebagai pengemban fungsi kamdagri sebagai bentuk implementasi dari UU No. 2 Tahun 2002 untuk mewujudkan kamtibmas yang aman kondusif khususnya di wilayah hukum Polsek Dringu.

Dalam tiap kesempatan kegiatan tersebut digunakan petugas dengan komunikatif & pendekatan persuasif memberikan himbauan kamtibmas kepada warga masyarakat.

Seperti yang dilaksanakan personil Polsek Dringu, yakni BRIPKA Dian Tri beserta Bhabinkamtibmas Desa Kedungdalem BRIGPOL Anugerah AP pada Minggu malam ( 04/12/2017).

Personil Polsek Dringu tersebut melaksanakan tugas patroli dialogis dengan menyambangi Pos Ronda di Wilayah Dusun Kedungbajul Desa Kedungdalem.

Kesempatan dalam patroli dialogis dan sambang tersebut dimanfaatkan petugas untuk edukasi awak siskamling tentang arti penting pamswakarsa di lingkungan.

Kapolsek Dringu AKP Suparmin, SH melalui Bhabinkamtibmas BRIGPOL Anugerah AP memberikan himbauan kamtibmas tentang fungsi dan tujuan siskamling kepada awak siskamling yang sedang berada di Pos Ronda di RT. 19 di Dusun Kedungbajul.
“Bapak-bapak, mas-mas sekalian, terimakasih atas pelaksanaan siskamling rutin di wilayah ini, bahwa siskamling ini sangat penting artinya utamanya untuk menjaga keamanan dari pencurian, maupun pelanggaran lain yang melanggar norma-norma hukum, norma susila, maupun norma-norma yang berlaku di masyarakat,” kata BRIGPOL Anugerah.

“Juga sebagai upaya antisipasi dalam penanganan masalah yang ditimbulkan karena adanya gangguan keamanan masyarakat, seperti musibah, dan bencana alam. Selain itu sebagai sarana mempererat tali silaturahmi antar masyarakat, karena seluruh masyarakat setempat diikutsertakan dalam jadwal roda siskamling dengan penjadwalan / piket. Adanya rasa kebersamaan antar kampung / desa secara umum yang tinggal dan atau menetap di lingkungan ini,” lanjutnya.

“Terimakasih semoga wilayah kita senantiasa aman, tenteram ,nyaman,” pungkas BRIGPOL Anugerah. (BHS)