CEGAH KARHUTLA, BRIGPOL HANGGA GANDENG WARGA SEKITAR HUTAN


Polres Probolinggo - Polsek Banyuanyar, Selain melaksanakan kegiatan patroli di Kawasan Hutan Jati yang ada di wilayah Kecamatan Banyuanyar guna mencegah terjadinya KARHUTLA (Kebakaran Hutan dan Lahan), Anggota Polsek Banyuanyar juga memberikan penyuluhan kepada warga yang bermukim di sekitar Hutan Jati.

BRIGPOL HANGGA SS mengatakan bahwa kegiatan patroli ke Kawasan Hutan Jati merupakan kegiatan rutin yang dilakukan guna mengatisipasi kebakaran hutan dan lahan khususnya saat musim kemarau seperti sekarang ini.

"Dalam melaksanakan kegiatan rutin patroli ke kawasan Hutan Jati, kami juga memberikan penyuluhan kepada warga yang bermukim di sekitar Hutan Jati dan juga berharap kepada warga yang bermukim di sekitar Hutan untuk ikut membantu dalam mengantisipasi kejadian KARHUTLA tersebut," ungkapnya.


"Kami saat ini melaksanakan patroli dan penyuluhan kepada warga sekitar Hutan Jati di Dusun Tampengan, Desa Klenang Kidul, Kecamatan Banyuanyar karena menurut informasi dari Petugas RPH Klenang hampir setiap tahun Hutan Jati di Kawasan dusun tersebut selalu terjadi kebakaran rumput serta daun-daun kering yang ada di bawah pohon jati dan tidak menutup kemungkinan hal itu disebabkan oleh pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga sekitar hutan yang akhirnya merambat ke rumput di Hutan Jati tersebut" ujarnya.

"Untuk informasi apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, kami berharap kepada warga sekitar Hutan Jati untuk segera memberikan informasi sedini mungkin kepada petugas dengan cara menghubungi Polsek Banyuanyar maupun RPH KLENANG, dan tak lupa juga kita berikan nomor telepon yang bisa dihubungi apabila hal tersebut terjadi". tambahnya.