Day 1 : Pos Pam Leces Siap Kawal Natal Dan Tahun Baru

Polres Probolinggo - Sabtu pagi (23/12) adalah hari pertama personil kepolisian melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat yang bersandi “Lilin Semeru 2017”, sebagaimana kesibukan personil yang menempati Pos Pengamanan (Pos Pam) Leces. Pada awal tugas  Kapolsek Leces sebagai perwira pengendali Pos Pam Leces mengambil apel personil yang bertugas ditempat itu. Tak hanya polisi saja, juga turut dalam kegiatan apel awal tugas tersebut personil TNI dari Koramil 0820/ 03 Leces dan petugas medis dari Puskesmas Banyuanyar yang juga menyiagakan 1 mobil ambulance-nya. Terhitung 14 orang yang mengikuti apel pagi di depan Bank BRI Unit Leces tersebut.

Dalam arahannya, Kapolsek Leces AKP Soegeng Wikhanto kembali menekankan apa yang telah diperintahkan oleh Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad S.H., S.I.K., M.H., M.Si. bahwa pada operasi kali ini sinergitas antara Polri dan Instansi terkait harus dapat dimaksimalkan demi terwujudnya rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal dan tahun baru kali ini, utamanya pada pengguna jalan.

Setelah selesai mengambil apel personil Pos Pam yang bertugas, Soegeng Wi ricek kesiapan Pos Pam. “Pada hari pertama ini memang ada sedikit kekurangan prasarana penunjang pos, namun tidak sampai mengurangi efektifitas kinerja petugas, sesegera mungkin akan kami penuhi, seperti pemasangan televisi untuk bisa update berita nasional terbaru”, terangnya pada TB-News.Pada sore harinya petugas Pos Pam juga kedatangan tamu dari Tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Probolinggo. Dalam kunjungannya tersebut tim yang dipimpin oleh Paur Kes Aiptu Hendro W.,S.Sos. membagikan paket obat-obatan pada personil yang bertugas dan instalasi kota P3K di Pos Pam Leces.

Bertempat di lokasi yang strategis, Pos Pam Leces didirikan tepat di depan Kantor BRI Unit Leces, yang juga tak jauh dari komplek perbankan yang lain. Pemantauan lalu lintas jalan dan kereta api juga mudah karena selain berada di jalur lintas kabupaten, posisi Pos Pam Leces juga tidak jauh dengan Stasiun Kereta Api Leces.

Pos Pam Leces adalah 1 dari 3 Pos Pam yang didirikan di sepanjang jalur pantura di wilayah hukum Polres Probolinggo, yaitu Pos Pam Paiton dan Pos Pam Kraksaan. Selain itu di wisata Bentar juga didirikan 1 Pos Pelayanan (Pos Yan) dan 2 Pos Wisata masing masing di Madakaripura and Bromo. Operasi Lilin Semeru 2017 tersebut berlangsung selama 10 hari mulai 23 Desember 2017 dan berakhir pada 1 Januari 2018. Polres Probolinggo sendiri menerjunkan tak kurang dari 250 personilnya yang tersebar pada masing-masin Pos Pam, Pos Yan dan Pos Wisata.(ptn)