Monday, December 25, 2017

POLRES PROBOLINGGO : Di Hari Natal, Kurang Dari 1X24 Jam Polsek Kuripan Berhasil Membekuk Pelaku Curanmor

Tribratanews - Polres Probolinggo - Polsek Kuripan - Senin pagi (25/12/2017) bersamaan dengan perayaan Natal Tahun 2017, tidak sampai 1X24 jam Polsek Kuripan berhasil ungkap kasus pencurian sepeda motor atau biasa dikenal dengan curanmor serta membekuk pelaku dari curanmor tersebut.

Kejadian tersebut berawal dari ketika korban yang bernama WAHYU UTOMO (17 Tahun) yang merupakan warga Dusun Bunut Desa Karangrejo Kecamatan Kuripan sedang mencari rumput di sebuah ladang termasuk Dusun Bunut Desa Karangrejo Kecamatan Kuripan, saat itu korban menaruh sepeda motor miliknya di sebuah jalan setapak di areal ladang tersebut. Seusai mencari rumput dan akan kembali ke tempat dirinya menaruh sepeda motor, kemudian korban melihat seseorang mengambil dan mengendarai sepeda motor miliknya, setelah itu korban mencoba untuk mengejar orang tersebut dengan berlari akan tetapi tidak terkejar. Kemudian korban menuju ke rumah kakaknya yang berada di dekat tempat kejadian, lalu korban dan kakaknya mengejar pelaku tersebut dengan mengendarai sepeda motor.

Ditengah perjalanan mengejar pelaku, korban dan kakaknya bertemu dengan warga yang melihat pelaku mengendarai sepeda motor milik korban dengan kecepatan tinggi ke arah utara. Lalu beberapa warga langsung menghubungi Anggota Polsek Kuripan melalui telepon, setelah itu petugas dari Polsek Kuripan tiba dan bersama dengan warga lalu melakukan pengejaran terhadap para pelaku curanmor tersebut. Dan saat di jalan raya termasuk Dusun Ronggotali Desa Resongo petugas dan warga berhasil mengamankan salah seorang pelaku berinisial S (20 Tahun) warga Desa Resongo Kec. Kuripan beserta barang bukti sebuah sepeda motor yang digunakan melakukan aksi curanmor tersebut. Sedangkan satu orang pelaku lainnya yang berinisial P (40 Tahun) warga Desa Menyono Kecamatan Kuripan berhasil kabur dengan membawa sepeda motor hasil curian milik korban.

Bertempat di Polsek Kuripan, Kapolsek Kuripan AKP MARKLIN GUNAWAN membenarkan bahwa pihaknya berhasil ungkap kasus curanmor dan mengamankan salah seorang pelaku beserta barang buktinya.

"Ya benar bahwa kami berhasil ungkap kasus curanmor dan berhasil mengamankan salah seorang pelaku berinisial S, sedangkan seorang pelaku lainnya berinisial P berhasil lolos dengan membawa sepeda motor hasil curian milik korban, dan saat ini Anggota Polsek Kuripan di beck up Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Probollinggo dan Timsus Polres Probollinggo sedang melakukan pengejaran terhadap pelaku yang lolos tersebut", tegas Kapolsek Kuripan.

Di tempat yang sama Kanit Reskrim Polsek Kuripan BRIPKA KEVHIN SANDRA,S.H. menegaskan bahwa keberhasilan ungkap kasus curanmor tersebut berkat kesigapan dan kepedulian warga untuk segera melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kuripan, serta membantu pihak Kepolisian untuk mengejar para pelaku curanmor tersebut.

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada warga atas kesigapan dan  kepeduliannya membantu pihak Kepolisian. Dan untuk tersangka dengan inisial S kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun, sedangkan untuk pelaku dengan inisial P yang berhasil lolos dengan membawa sepeda motor hasil curian milik korban, kami sudah berkoordinasi dengan Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Probollinggo dan Timsus Polres Probollinggo untuk melakukan pengejaran dan penangkapan", tegas Kanit Reskrim Polsek Kuripan.

Dari kejadian tersebut korban WAHYU UTOMO mengalami kerugian karena kehilangan satu unit sepeda motor miliknya berupa Yamaha V-Xion, warna merah marun, tahun 2012, No.Pol. : N-6272-SN.

Sedangkan barang bukti yang diamankan petugas Kepolisian dari korban dan tersangka berupa : 1 (satu) unit sepeda motor honda Revo Vit No.Pol. : N-4691-Q beserta kunci kontaknya milik tersangka, STNK Yamaha V-Xion dan fotokopi BPKB serta kunci kontak sepeda motor V-Xion milik korban, serta sebuah handphone merk Samsung milik tersangka.
(boydonk).