Senin, 04 Desember 2017

KANIT PAM OBVIT LAKSANAKAN PENGAMANAN OBVITNAS PLTU PAITON

Polres Probolinggo - Setiap harinya personil Polres Probolinggo yang melaksanakan pengamanan berkoordinasi dengan security di Pos keamanan sekaligus memberikan pesan-pesan kamtibmas tentang pola pengamanan security serta jadwal jaga pada saat jam rawan.

Obyek Vital Nasional (Obvitnas) adalah kawasan/lokasi, bangunan/instalasi dan/atau usaha yang menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan/atau sumber pendapatan negara yang bersifat strategis. Obyek Vital Nasional memiliki peran penting bagi kehidupan bangsa dan negara baik ditinjau dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

Guna menjaga keamanan dan ketertiban dilokasi pabrik maka dilaksanakan giat pengamanan, ini adalah salah satu pelayanan kepada masyarakat agar tercipta suasana yang aman dan nyaman terutama di daerah lingkungan pabrik.

Untuk mencegah semakin meningkatnya ancaman dan gangguan terhadap Obyek Vital Nasional termasuk aksi terorisme, maka pengamanan obvitnas menjadi tanggung jawab bersama seluruh pihak terkait (stakeholders). Berdasarkan UU No. 2/2002 tersebut, Polri memiliki tugas dan kewenangan menjaga keamanan dalam negeri, termasuk menjaga keamanan obyek-obyek vital nasional yang memiliki peran strategis bagi terselenggaranya pembangunan nasional. Keppres No. 63/2004 juga menyatakan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia berkewajiban memberi bantuan pengamanan terhadap Obyek Vital Nasional.(Az/sbr)