Mengantisipasi Tindak Kejahatan Pada Petang Hari Dengan "Blue Light Patrol" nya Polsek Kuripan

Probolinggo, Polsek Kuripan - Sebagai wujud kehadiran Anggota POLRI berseragam di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan Program Prioritas PROMOTER Bapak KAPOLRI, selain melaksanakan kegiatan pengaturan arus lalu lintas di pagi hari, Polsek Kuripan juga menempatkan personilnya pada petang hari dengan menggunakan kendaraan patroli di titik yang sudah ditentukan. Kegiatan rutin pada petang hari tersebut biasa disebut dengan "Kegiatan Poros Petang" atau juga dikenal dengan istilah "Blue Light Patrol" yang mengandung maksud kegiatan yang dilaksanakan oleh Anggota POLRI dengan menyalakan lampu biru khas Polisi (rotator) pada kegiatan masyarakat atau pada titik-titik yang ditengarai rawan terjadinya gangguan Kamtibmas.

Kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh Anggota Polsek Kuripan mulai pukul 18.00 Wib sampai pukul 19.30 Wib menjelang pergantian shift jaga tersebut dilaksanakan di pertigaan Desa Kedawung sesuai dengan spot atau titik yang sudah ditentukan. Dan karena arus lalu lintas malam hari di jalur pertigaan Desa Kedawung tidak seramai pagi harinya, Anggota Polsek Kuripan tidak melaksanakan pengaturan arus lalu lintas di tempat tersebut, dan hanya melakukan pemantauan arus lalu lintas saja dengan menyalakan lampu rotator mobil patroli sambil mengantisipasi kerawanan dan tindak kejahatan pada petang hari terutama kejahatan jalanan.

Anggota Polsek Kuripan AIPTUK BUDI S. yang melaksanakan kegiatan poros petang bersama dengan BRIPDA M. HAFIL ADAMY pada Kamis petang (14/12/2017) menerangkan bahwa Kehadiran personil Polsek Kuripan pada petang hari di tengah-tengah masyarakat sebagai upaya menunjukkan eksistensi personil POLRI di lapangan, guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana khususnya yang ada di jalanan. Dengan sering terlihatnya personil POLRI di lapangan akan membuat pelaku tindak pidana berpikir dua kali untuk melakukan aksinya sehingga jumlah kejadian tindak pidana dapat ditekan.

“Kami berharap dengan kehadiran kami melaksanakan kegiatan poros petang ini, bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna jalan atau masyarakat yang beraktifitas pada petang hari, terutama pengendara sepeda motor", ucap AIPTU TOTOK BUDI S.

AIPTU TOTOK BUDI S. juga menambahkan bahwa kegiatan poros petang tersebut tidak selalu terpaku di pertigaan Desa Kedawung tersebut saja, apabila arus lalu lintas sepi dan situasi terkendali, Anggota Polsek Kuripan yang melaksanakan kegiatan poros petang tersebut juga menyelingi dengan melaksanakan patroli di sekitaran pertigaan Desa Kedawung tersebut, dan biasanya patroli ke jalur perbatasan Kuripan-Sumber.

"Jadi kita tidak hanya terpaku berdiam disini saja, kalau situasi landai biasanya kami juga menyelingi dengan melaksanakan patroli ke jalur perbatasan Kuripan-Sumber, karena disana jalurnya juga gelap dan sepi serta rawan tindak kejahatan", pungkas AIPTU TOTOK BUDI S.
(boydonk).