Saturday, December 23, 2017

Mengintip Geliat Prasbhara Kwarran Leces

Polres Probolinggo - Lapangan Kecamatan Leces yang biasanya sepi dihari Minggu, kini mulai nampak hidup dengan adanya beberapa pemuda-pemudi berseragam cokelat yang beraktifitas disana. Seperti pada hari pagi itu (3/12) terlihat 14 orang pelajar yang tergabung dalam Pramuka Saka Bhayangkara (Prasbhara) terlihat berlatih bersama. Terlihat dari gesture yang mereka peragakan rupanya mereka sedang berlatih pengaturan lalu lintas. Tentu saja mereka tidak sendirian dalam berlatih, dengan dipandu oleh personil Kepolisian Sektor Leces mereka tampak antusias mengikuti latihan. Tak salah jika kali ini Aiptu Ichwan Purbo menjadi pelatih mereka kali ini, Polisi berusia 39 tahun ini ternyata pernah berdinas di Satuan Lalu Lintas Polres Probolinggo dalam kurun waktu yang tidak bisa dibilang sebentar, dan diharapkan Pak Ichwan dapat menularkan ilmu yang dimilikinya pada adik-adik Prasbhara tersebut.

Saat dikonfirmasi pada pedamping mereka, Siti Aminah (39) menyatakan bahwa latihan ini adalah yang kali keempat diadakan di Lapangan Kecamatan Leces. ”Biasanya ada hampir 20-an orang, namun karena ada beberapa yang sakit jadi yang datang hanya sedikit” ujar wanita yang sehari-hari bekerja sebagai Staf Administrasi SMAN 1 Leces itu. Dirinya juga menolak disebut sebagai Pembina, karena struktur Kwartir Ranting Prasbhara Leces yang baru belum resmi terbentuk. “Dulu saya pertama kali bergabung di Prasbhara Polsek Leces sejak kelas 2 SMP, dan saya pernah berangkat mewakili Probolinggo dalam Raimuna Nasional di Cibubur tahun 1997. Namun entah mengapa beberapa tahun terahir ini kegiatan Pramuka di Leces sepertinya mati suri” kenangnya.

Awal kembali digiatkannya Gerakan Prasbhara ini dimulai dari usulan beberapa siswa-siswi SMAN 1 Leces yang berniat menghidupkan kembali masa-masa keemasan Prasbhara, yang usulan itu diteruskan oleh Kak Siti kepada Kepolisian Sektor Leces melalui Kanit Binmasnya-Bripka Fifit yang ternyata merespon positif usulan tersebut. “Beberapa kali bergantian melatih adik-adik Prasbhara ini, mulai dari Pak Kapolsek, Pak Fifit sendiri dan sekarang gilirannya Pak Ichwan” ujar Kak Siti.

“Kami akan melanjutkan dengan membuat brosur-brosur ke sekolah-sekolah di Leces untuk sosialisasi Prasbhara, dan kedepan diharapkan pesertanya makin banyak. Sementara yang sekarang bergabung dengan Prasbhara SMAN 1 Leces adalah pelajar dari SMPN II Tegalsiwalan”, tambahnya. Meski tak banyak yang hadir pada latihan pada pagi hari itu namun semangat khas ala Pramuka tetap kentara, semangat disiplin dengan diselingi canda tawa membuat sesi latihan yang berakhir pukul 10.00 wib tersebut tak terasa melelahkan. Tetap semangat adik-adik, salam Pramuka!. (ptn)