Kamis, 07 Desember 2017

Pelayanan Kesehatan Lansia, Polisi ini turut Hadir

Polres Probolinggo – Polsek Besuk, untuk Menjaga kesehatan masyarakat yang sudah lanjut usia ( Lansia) perlu dilakukan sedini mungkin. Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan di Posyandu Lansia yang ada di desa. Kamis ( 7/12/2017 ).

Bidan Desa sindet anyar kecamatan Besuk kabupaten probolinggo mengatakan, posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan Kepolisia dan aparatur pemerintahan desa,  para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial.

“Posyandu lansia sudah disepakati dan digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya,

Bidan Desa sindet anyar menjelaskan, Posyandu lansia merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan kelompok posyandu tersebut.

“Kelompok posyandu Lansia berusiakan minimal 49 tahun untuk kelompok pra usia lanjut. Sedangkan untuk kelompok Lansia Usia lanjut berumur di atas 60 tahun,” ujarnya.

“ Posyandu Lansia untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia dan mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

“Diwilayah desa Sindet anyar Kecamatan Besuk ini ada 4 kelompok Posyandu Lansia yang berada di 1 desa. Secara rutin kami melakukan pembinaan terhadap kelompok-kelompok posyandu lansia yang ada disetiap desa,” imbuh Bidan desa Sindet anyar.

“ Bentuk Pelayanan masyarakat Berupa Posyandu Lansia yang di adakan oleh bidan desa dan di pantau langsung oleh anggota kepolisian utamanya Bhabinkamtibmas, karna kegiatan tersebut juga menggunakan anggaran dana desa maka dari itu setiap kegiatan di desa Bhabinkamtibmas harus ikut serta dalam acara tersebut.” Ujar kapolsek Besuk AKP M. Dugel Sp.d 

Lebih lanjut Bidan desa menyampikan, selain memberikan pelayanan kesehatan kepada para Lansi, pihak Desa juga memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat diwilayah setempat yang menderita penyakit kronis. Katanya.