Selasa, 05 Desember 2017

PENGAWASAN DANA DESA DAN PEMBANGUNAN DESA KRAMPILAN


Polres Probolinggo – Polsek Besuk, Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sebagai pengawas penggunaan dana desa di daerahnya masing-masing.
Bhabinkamtibmas juga akan berkoordinasi dengan Polsek dan Polres setempat untuk mengajak masyarakat terlibat aktif dalam penggunaan dana desa tersebut.
Kinerja Bhabinkamtibmas dan unit kepolisian di masing-masing wilayah akan dievaluasi secara berkala.
Terlihat Bripka Hidayatur Rohman yang menjabat sebagai Kanit intelkam dan sekaligus merangkap sebagai Babinkamtibmas di polsek besuk polres probolinggo sedang membantu dan mengawasi pembangunan desa yang berupa pemasangan paving jalan desa, dengan panjang 400 meter dan lebar 2,5 meter. Di desa krampilan yang menjadi desa binaannya.
Kapolsek Besuk AKP M. Dugel Sp.d Mengatakan, tugas kepolisian lebih mengedepankan fungsi pengawasan kepada masyarakat dan kepala desa selaku pengguna anggaran. dan memastikan program yang direncanakan terealisasikan sesuai rencana dan tidak ada penyelewengan.
Meski demikian, tidak serta merta semua pelanggaran yang terjadi akan dipidana. 
Menurut AKP Dugel Sp.d, tidak semua kepala desa melakukan pelanggaran karena niatnya untuk menyelewengkan.
"Ada juga ketidaktahuannya, tidak tahu administrasi negara, tidak berpengalaman. Mungkin kuitansi hilang. Disitu peran kepolisian agar mereka dapat pendidikan dasar laporan perencanaan dan laporan keuangan," kata AKP M.Dugel Sp.d
"Kepolisian, khususnya Bhabinkamtibmas, juga ditugaskan untuk berembuk dengan masyarakat mengenai bentuk program apa yang betul-betul bisa mengubah wajah desa termasuk membangkitkan ekonominya," lanjut M. Dugel Sp.d Selaku kapolsek Besuk
" Memang perlu melibatkan masyarakat dan perangkat desa agar ikut mengawasi dan mendampingi setiap pembangunan di desa. Karna merekalah yang akan menikmati hasil dari pembangunan desa mereka dan merekalah yang akan menggunakan fasilitas yang desa bangun untuk mereka.” Ungkap PJS Desa Krampilan.