Senin, 04 Desember 2017

POLRES PROBOLINGGO RAPAT KOORDINASI BERSAMA INSTANSI TERKAIT TENTANG KESIAPSIAGAAN BENCANA DI MUSIM PENGHUJAN


Polres Probolinggo - Kepolisian Resor Probolinggo, melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi terkait untuk antisipasi terjadinya banjir, tanah longsor maupun angin putting beliung yang terjadi, terutama di wilayah hukum Polres Probolinggo, mengingat dalam 2 (dua) minggu terakhir intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

Dalam Rangka Mengantisipasi terjadinya Bencana tersebut di Kab. Probolinggo, BPBD Kab. Probolinggo menfasilitasi Rapat koordinasi yang bertajuk “RAPAT KOORDINASI APEL SIAGA BENCANA MENGHADAPI MUSIM HUJAN” yang dilaksanakan di Kantor BPBD Kabupaten Probolinggo Jalan Soekarno Hatta No 70 Curah Ginting, Kanigaran, Kota Probolinggo pada hari Senin 4 Oktober 2017 pada pukul 09.00 s/d 14.00 wib. Yang diikuti oleh Kabagops beserta Kasat Sabhara Polres Probolinggo, BPBD Kab. Probolinggo, Dinsos Kab. Probolinggo, Pimpinan SKDP terkait penanggulangan bencana, Kasdim Kodim 0823 Situbondo.

Beberapa hal telah menjadi pembahasan dalam koordinasi tersebut seperti, aparat terkait Polres Probolinggo telah mengupayakan kesiapsiagaan menghadapi bencana di musim penghujan dengan membentuk pasukan pengamanan bencana. Selain itu kesiapan sumber daya personil dan peralatan juga telah disiapkan seperti kendaraan, perahu, tenda, alat komunikasi dst. Kemudian Kodim 0820 Probolinggo telah membuat “Rencana Operasi” Penanggulangan Bencana di Musim Penghujan sebagai salah satu bentuk kesiapsiagaan mitigasi bencana. Upaya BPBD dalam menghadapi musim penghujan diantaranya adalah menyiapkan Rencana Kontingensi Banjir, Puting beliung dan Longsor, Personil, Peralatan (Senso, Kendaraan, Alat Komunikasi dst), Menyebarkan Peringatan Dini baik melalui media cetak (rambu-rambu) maupun melalui media komunikasi.

Dalam Rapat Koordinasi tersebut merupakan antisipasi dan kesiapan dalam masuknya musim hujan. "Rapat Koordinasi kali ini untuk mengantisipasi kontijensi banjir, Puting beliung dan longsor. Seperti contoh, kita tahu berapa hari yang lalu intensitas curah hujan yang cukup tinggi beserta anginnya." Ujar AKP Istono, S.H., M.M..

Strategi yang akan dilakukan Polres Probolinggo antara lain, melaksanakan koordinasi berkelanjutan antar intansi. Selain itu, kami juga akan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi pada daerah-daerah yang potensial berisiko banjir maupun longsor agar selalu waspada. Pelatihan dan gladi lapangan juga kami adakan untuk melatih kesiapsiagaan serta gelar kemampuan anggota yang tergabung dalam satgas ini juga menyiapkan dan menginventarisasi peralatan untuk penanggulangan bencana. Pungkas Kabag Ops Polres Probolinggo Kompol Heri Susanto Hadi Saputro, S.H..(Az/sbr)