Tuesday, December 12, 2017

POLSEK DRINGU TANGKAP PELAKU PENCURI BURUNG


Polres Proboliggo — Jajaran unit reskrim Polsek Dringu berhasil menangkap pelaku terduga tindak pidana pencurian burung di rumah warga Desa Pabean Kecamatan Dringu, pencurian sendiri terjadi pada Selasa (12/12/2017) siang, lalu dimana pelaku yang berinisial HG (36th) warga Jl. Letjen Suprapto Kelurahan Jati Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo berhasil menggasak 1 (satu) ekor burung.

Kapolsek Dringu AKP Suparmin, SH melalui Kanit Reskrim Polsek Dringu IPDA Drs. Rachmad Wahyudi mengatakan peristiwa pencurian tersebut terjadi sekitar pukul 10.20 WIB. Mulanya pelaku masuk halaman rumah dengan memanjat pagar depan rumah dan mengambil sangkar yang berisikan 1 (satu) ekor burung jenis Cucak Hijau selanjutnya pelaku keluar lewat jalan semula dan setelah berhasil keluar dari pagar rumah lalu pelaku membawa  dengan menggunakan motor namun pada saat bersamaan ada salah satu tetangga pemilik burung yang mengetahui kejadian tersebut dan  melakukan pengejaran bersama dengan anggota unit reskrim Polsek Dringu yang pada saat itu berada di sekitar lokasi kejadian.

“Jadi modus pelaku ini dengan cara memanjat pagar halaman rumah untuk akses masuk,” ungkapnya.

Ditambahkannya, berkat kerjasama dengan masyarakat, akhirnya Selasa siang jajaran unit reskrim Polsek Dringu berhasil menangkap pelaku. Dalam penangkapan tersebut pelaku tidak melakukan perlawanan dan mengakui bahwa memang dirinya yang telah melakukan pencurian.

“Pelaku ini tidak bisa mengelak karena barang bukti berupa sangkar berisikan 1 (satu) ekor burung berada di genggaman tangannya,” lanjut dia.

Dari penangkapan tersebut Polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 (satu) ekor burung Cucak Hijau. Sedangkan untuk pelaku saat ini harus meringkuk di jeruji besi Rutan Mapolsek Dringu guna penyidikan lebih lanjut.

“Pelaku sudah ditahan untuk penyidikan lebih lanjut dilakukan oleh unit reskrim Polsek Dringu,” tegas dia. (BHS)