RAWAN BANJIR, POLISI PANTAU SUNGAI WONOLANGAN

Polres Probolinggo – Polsek Dringu, musim hujan yang tidak menentu dan ketika turun hujan intensitasnya cukup tinggi menggugah hati Kepala SPKT Polsek Dringu AIPTU Es Sugeng dan BRIPKA B. Hadi yang senantiasa mendengar keluh kesah warga yang terkena banjir segera menindaklanjuti permasalahan tersebut dengan meninjau lokasi aliran Sungai Wonolangan pada Hari Senin, (18/12/2017).

Dalam pengecekan langsung ke aliran sungai di Desa Kalirejo, anggota Polsek Dringu dan pihak desa berencana akan secara bertahap melaksanakan program bersihkan sungai dari sampah sekaligus akan dilakukan pengerukan terhadap sungai yang mulai dangkal dan menjadi sasaran meluapnya aliran air sungai ke rumah warga masyarakat.

Koordinasi tanggap bencana banjir dengan instansi terkait tersebut dilakukan atas perintah Kapores Probolinggo AKBP Fadly Samad, SH, SIK, MH, MSi melalui Kapolsek Dringu AKP Suparmin, SH.

Dimana setiap musim penghujan tiba Desa Kalirejo dan Desa Tegalrejo, rawan akan banjir dikarenakan saluran atau aliran sungai yang tidak lancar. “Kepada para anggota khususnya Bhabinkamtibmas Desa segera koordinasikan dengan Kepala Desa maupun instansi terkait agar permasalahan banjir tidak menjadi agenda tahunan setiap musim penghujan tiba,” terang Kapolsek.

Sedangkan Kepala Desa Kalirejo juga menjelaskan banjir sering terjadi karena banyak sampah di aliran sungai dan akibat luapan dari hulu sungai, dimana debit air cukup besar ketika intensitas hujan yang tinggi. Dan hasil koordinasi tersebut akan kita laksanakan secara bertahap, bersama – sama dan saling bekerjasama baik Pemerintahan Desa,  Polsek Dringu maupun BPBD sehingga warga masyarakat tidak lagi resah ketika hujan tiba. (BHS)