Satpolairud Polres Probolinggo Intens Patroli laut


PROBOLINGGO – Mengantisipasi teror sekaligus menjelang Pergantian tahun atau disebut perayaan tahun baru 2018, Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Polairud) Polres Probolinggo memperketat pengawasan pelabuhan-pelabuhan rakyat.

Selain mengintensifkan patroli laut, Satpolairud juga terus menyosialisasikan kepada warga yang tinggal di kawasan pantai, untuk melapor ke pihak berwajib jika mendapati orang tidak dikenal dengan gerak-gerik mencurigakan.

Kasatpolairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno, mengatakan selama bulan Desember kali ini, pihaknya akan mengintensifkan patroli perairan di wilayah Probolinggo. “Patroli malam diintensifkan,” ujarnya hari ini Minggu (24/12).

Selain itu, Slamet Prayitno mengaku pihaknya juga bakal mengintensifkan penyisiran wilayah perairan, salah satunya menyasar kapal-kapal yang sandar di Probolinggo tetapi tidak melapor ke pihak Syahbandar.

Slamet Prayitno mengaku, beberapa hari selalu ada kapal dari luar wilayah yang sandar di dekat Pulau gili ketapang. Namun, pihak kapal tidak melapor ke pihak Syahbandar Probolinggo. “Akhirnya kami datangi, ternyata kapal tersebut mengalami kerusakan teknik,” ujarnya.

Masih menurut Slamet Prayitno, dalam rangka mengantisipasi teror, pihaknya bakal terus menggeber patroli di pelabuhan-pelabuhan rakyat di wilayah kabupaten yang berada ditengah Pulau Jawa ini.

“Selain patroli, kami juga memberikan edukasi kepada warga yang tinggal di kawasan pantai. Jika ada warga yang tidak dikenal dan mencurigakan hendak menyewa perahu atau meminta antar ke suatu tempat, segera melapor kepada kami,” pungkasnya.

Satpolairud juga melaksanakan pengetatan pelabuhan rakyat untuk mengantisipasi distribusi barang ilegal ke Probolinggo, mulai dari minuman keras (miras), narkoba, serta bentuk kejahatan lainnya.

“Selama patroli rutin terakhir, kita lakukan peningkatan patrol jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2017. Untuk sekarang masih aman dan tidak ditemukan barang mencurigakn. Yang kami temui di perahu nelayan cuma ikan konsumsi, buah kelapa, dan rumput laut,” ujar Aiptu Suyono KBO Satpolairud di kantornya siang tadi.

Satpolairud juga terus meningkatkan operasi untuk mencegah maraknya ilegal fishing. Patroli rutin akan terus dilakukan guna mengantisipasi dan perketat kawasan pelabuhan rakyat.

“Kami berpatroli di area objek vital karena keamanan perairan menjadi tugas pokok yang selalu menjadi tanggung jawab Satpol Airud,” imbuh angota Satpolairud Brigadir Bima. (bima)